-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id
TV-TANI
pui-balittri

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 50 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253521
Bimtek TSP Balittri I : Teknologi Komoditas Kopi, Mengenal Kopi dan Budidayanya PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika Puspitasari   
Senin, 05 Agustus 2019 11:14

Bimbingan Tenis (Bimtek) merupakan kegiatan sharing informasi Balittri kepada Petani, Mahasiswa, Peneliti dan Pemerintah daerah mengenai kopi, kakao dan teknologi yang dapat diadopsi untuk mengatasi permasalahan yang muncul di lapangan. Beberapa kegiatan Bimtek dilakukan di Kabupaten Bogor, Banten dan daerah lain di Indonesia. Pada tanggal 30-31 Juli 2019, Balittri mengadakan kegiatan Bimtek sebagai bagian dari kegiatan TSP bersama dengan pemerintah kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ini merupakan Bimtek gelombang pertama yang dilaksanakan sebagai rangkaian dari TSP Balittri dan direncanakan akan dilaksanakan dalam beberapa gelombang. Kegiatan yang dikemas menarik ini diikuti oleh sebanyak 63 peserta yang berasal dari beberapa wilayah. Acara yang dibuka oleh Plt. Kepala Balai Dr. Wiratno ini dilaksanakan selama 2 hari berturut turut.  Materi yang diberikan pada hari pertama yaitu tentang pengenalan varietas dan Budidaya Kopi oleh peneliti yang berpengalaman. Dr. Budi Martono, peneliti Balittri yang telah melepas beberapa varietas kopi membawakan materi mengenai pengenalan varietas kopi. Beberapa varietas kopi beserta ciri khasnya dijelaskan secara gamblang oleh Dr. Budi. Materi diberikan secara interaktif dengan memberi ruang pada peserta untuk bertanya dan sharing pengalaman. Peserta yang sebagian besar berprofesi sebagai penyuluh di lapangan ini banyak memberikan informasi dan pertanyaan seputar varietas kopi dan budidayanya.

Materi berikutnya adalah mengenai budidaya kopi yang disampaikan oleh Dr. Bariot Hafif peneliti ekofisiologi Balittri. Tak hanya menjelaskan mengenai teknik budidaya kopi di lapangan, Dr. Bariot juga menjelaskan mengenai pentingnya mengembalikan unsur hara ke dalam tanah untuk menjaga kesuburan tanah. Pentingnya membuat rorak, tidak membakar sampah dan memperhatikan kedalaman dalam menanam. Materi disampaikan dengan menarik dan interaktif sehingga dalam diskusi peserta dapat bertanya dan mendapatkan jawaban langsung.

Setelah mendapatkan materi di rungan, peserta berkesempatan mengunjungi Kebun Agrowidya Wisata ilmiah (AwWI). Peserta dapat melihat secara langsung tanaman kopi dengan berbagai varietasnya serta belajar langsung cara perbanyakan tanaman kopi di perbenihan bersama peneliti dan teknisi yang berpengalaman. Dipandu oleh panitia, peserta mengunjungi 3 pos di AwWI untuk mendpatkan materi serta praktek bersama pemateri yang telah berpengalaman. Peserta diajak berkeliling untuk dapat melihat varietas kopi yang ditanam di kebun. Tak hanya melihat, peserta dapat praktek perbanyakan tanaman kopi dengan metode setek berakar dan tag ent serta melakukan pemangkasan kopi. Kegiatan pembelajaran tentang budidaya diakhiri dengan foto bersama di  lokasi kebun awwi (Dk).

 

Artikel terkait