-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id
TV-TANI
pui-balittri

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 54 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253351
Bimtek Kopi Berakhir di Secangkir Kopi Nikmat PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Tajul Iflah   
Kamis, 08 Agustus 2019 11:51

Masih berita seputar Bimbingan Teknis Kopi yang diadakan oleh Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) pada penghujung bulan Juli 2019. Tampak terlihat antusiasme 63 orang peserta semakin besar pada saat materi Pascapanen dan Pengolahan Kopi. Materi terakhir ini dipaparkan oleh peneliti ahli Pascapanen Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc di hari kedua pelaksanaan Bimtek Kopi ini.

Dalam paparannya Eko menjelaskan tahapan pascapanen kopi dimulai dari saat pemanenan buah kopi. Pemanenan buah kopi merah pasti jaminan untuk menghasilkan citarasa kopi yang lebih baik, sehingga pemanenan kopi dengan mencerabut buahnya dari ujung ranting sangat tidak boleh untuk dilakukan. Dan prinsip pemanenan ini berlaku untuk semua jenis kopi, baik Arabika, Robusta dan Liberika. Tahapan selanjutnya yang menimbulkan banyak pertanyaan para audiens adalah mengenai perbedaan cara pengolahan kopi yang sering dilakukan pada tiga jenis varietas kopi yang ada d Balittri. Perbedaan cara pengolahan tidak hanya berdasarkan dari varietas kopi yang akan diolah, namun juga dapat menentukan hasil akhir berupa citarasa yang diinginkan oleh petani.

Selain tahapan cara pengolahan, tahapan sortasi dan pemutuan, tahapan roasting/penyangraian dan uji citarasa merupakan tahapan lainnya pada proses pascapanen kopi yang membuat para peserta memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Narasumber juga memberikan kesempatan besar kepada para peserta untuk melihat langsung tahapan-tahapan pengolahan kopi hingga siap diminum pada saat praktek d lapangan.

Pada saat di lapangan para peserta bisa langsung melihat berbagai jenis biji kopi dan mencoba membedakan cara pengolahannya bila dilihat dari tanda pada biji. Tahapan proses penyangraian merupakan tahapan yang membuat para peserta Bimtek berdecak kagum ketika melihat mesin roaster yang digunakan dan mengeluarkan aroma khas kopi.

Di akhir materi lapang, para peserta berkesempatan untuk ikut santai sejenak di Cafe Balittri sembari menikmati seduhan kopi oleh Barista. Disini pun peserta tidak berkurang rasa penasarannya hingga barista yang sedang bertugas pun juga ikut memberikan penjelasan mengenai berbagai hal mengenai cara penyeduhan kopi. Penyeduhan kopi merupakan tahapan paling akhir sehingga kita bisa menyicipi kenikmatan suatu jenis kopi, sehingga tahapan ini bisa juga dianggap sebagai penentu dimana salah metode yang digunakan dapat merusak cita rasa kopi yang telah dijaga semenjak dipanen hingga penyangraian.

Para peserta semakin paham kalau dunia kopi baik on farm maupun off farm saling terkait. Jadi tidak hanya kopi enak diperoleh dari coffee shop dengan mesin canggih.

 

Artikel terkait