-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id
TV-TANI
pui-balittri
WBS
SKM
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 50 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253443
Penyuluh Lapang Sukabumi Mengikuti Bimbingan Teknis Perbenihan Kopi Di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Sakiroh   
Rabu, 07 Agustus 2019 13:24

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI) sudah mengembangkan Taman Sains Pertanian (TSP) selama dua tahun sebagai wahana untuk mengembangkan bisnis berbasis pertanian melalui hilirisasi inovasi-inovasi hasil penelitian, pelatihan, magang dan inkubasi bisnis. Maksud dan tujuan bimbingan teknis (BIMTEK) perbenihan kopi diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan penyuluh pertanian dan petani kopi dalam kegiatan perbenihan kopi sehingga diaharapkan mampu meningkatkan produksi dan produktifitas tanaman kopi kepada  para petani kopi.

Bimtek perbenihan kopi dilaksanakan pada hari pertama selasa, 30 juli 2019 di Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) Balittri. Kegiatan diikuti sekitar 63 peserta dari paling banyak dari wilayah Kecamatan di Kabupaten sukabumi dan sebagian dari Bali dan Bengkulu.  Adapun sebagai narasumber praktek yaitu Ir. Saefudin dan Ujang suherma (perbenihan kopi Arabika) dan Sakiroh, SP. M.Sc dan Yunardi (setek berakar kopi Robusta). Untuk praktek difokuskan pada perbanyakan vegetatif (kopi Robusta) mulai dari pemilihan dan umur entres, perlakuan entres dan cara memotong entres, persemaian setek, pemeliharaan setek, pemindahan setek ke polibag dan pemeliharaan benih di polybag. Untuk praktek perbanyakan generatif (kopi Arabika) mulai dari pemilihan benih, perlakuan benih, persemaian benih, pemeliharaan benih, pemindahan benih ke polybag dan pemeliharaan benih di polybag. Sebagai praktek tambahan adalah cara sambung tak ent  pada kopi robusta yang di pandu oleh Asep Wowon.

Dalam sesi diskusi terungkap bahwa para peserta  sangat antusias mengikuti Bimbingan Teknis, hal tersebut tergambar dari para peserta bergantian prektek cara memotong entres kopi yang baik dan benar. Selain itu banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta Bimtek dari mulai cara pengambilan entres, pembuatan bak persemaian, pemindahan setek berakar ke polybag,  ZPT yang bisa digunakan untuk setek berakar dari bahan nabati seperti air kelapa dan ekstrak bawang merah. (sakiroh).

 

Artikel terkait