-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
TV-TANI
pui-balittri
WBS
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 48 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253483
Field Trip SMK PP Sembawa : Sampai bertemu lagi! PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika   
Kamis, 22 Agustus 2019 07:30

Pada hari Rabu, 21 Agustus 2019, sebanyak 35 siswa SMK PP Sembawa Program Studi Agribisnis Tanaman Perkebunan mengunjungi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Rombongan yang didampingi oleh 2 orang Guru serta 2 orang staf SMK ini melakukan kunjungan dalam rangka Field Trip siswa SMK untuk mengenal tanaman perkebunan kopi, kakao, teh dan karet. Peserta yang dipimpin oleh pemimpin rombongan Anita Andri Yanti, S.P, M.P, disambut oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Mansurudin, SE di ruang Aula Balittri.

Setelah dibuka oleh MC, Anita Andri Yanti, S.P, M.P memberikan sambutannya mewakili SMK PP Sembawa. Guru SMK yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan ini menjelaskan mengenai SMK PP Sembawa. Anita Andri Yanti, S.P, M.P menyebutkan bahwa kedatangannya ke Balittri bersama rombongannya untuk mempelajari tentang tanaman perkebunan khususnya kopi, kakao dan karet. Tak lupa, Anita Andri Yanti, S.P, M.P juga menyebutkan ingin melihat langsung reaktor B100 yang sedang hangat diberitakan. Setelah sambutan dari Anita Andri Yanti, S.P, M.P, Ka.Subbag TU Balittri memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan Balittri. Peserta mendengarkan penjelasan dengan baik.

Acara pembukaan tak memakan waktu lama, rombongan segera diarahkan ke Kebun Agowidya Wisat Ilmiah (AwWI) didampingi oleh tim dari Balittri. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah mesin reaktor B100. Di lokasi ini, rombongan disambut dan didampingi oleh peneliti utama Balittri sekaligus pemilik paten mesin reaktor B100 Ir. Dibyo Pranowo dan teknisi Balittri Ujang Suherman. Selain melihat langsung mesin reaktor B100, rombongan dapat bertanya mengenai B100 langsung pada ahlinya. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh peserta rombongan untuk bertanya seputar B100 serta berswafoto.

Kemudian, peserta juga mengunjungi lokasi perbenihan kopi. Disini peserta dapat melihat langsung tanaman kopi dan kakao yang ditanam di kebun maupun yang dalam bentuk bibit. Peserta didampingi oleh peneliti utama Balittri Ir. Handi. Disini peserta mendapatkan penjelasan pengenalan varietas kopi Robusta, Arabika dan Liberika serta cara pembibitannya. Setelah itu peserta mengunjungi lokasi Bioindustri untuk melihat langsung mesin pengolah kopi dan kakao sekaligus mencicip coklat hasil olahan Balittri.

Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah Café TSP Balittri. Disini peserta mencicip langsung kopi Robusta dan Arabika hasil olahan Balittri yang telah disiapkan oleh Barista Balittri. Selain mencicip kopi, peserta juga memanfaatkan waktu untuk beristirahat dan berswafoto. Tak hanya itu, beberapa peserta dan guru juga menanyakan mengenai kemungkinan untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapang (PKL) di Balittri. Rombongan meninggalkan lokasi café pada pukul 16.15 dengan pesan “Sampai bertemu lagi, semoga bisa PKL di sini.”

 

Artikel terkait