Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
LPSE
WBK
Pakar Kopi
perpus_digital
Ejurnal
pui-balittri
PPID
WBS
satu-layanan
baittri-siap-zi
Lapor.go.id
Saber Pungli
Sigap UPG
TV-TANI
SKM
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2022214
Dari Kalimantan ke Gunung Putri Demi Kopi Arabika PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika   
Senin, 26 Agustus 2019 07:30

Hari Kamis, Tanggal 22 Agustus 2019, sebanyak 18 staff dari Kalimantan Timur melakukan Field Trip ke Kebun Percoban (KP) Gunung Putri milik Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) yang dilaksanakan pada tanggal 20-23 Agustus 2019. Peserta yang terdiri dari staff Dinas Perkebunan Provinsi, Staff UPTD Pengawasan Benih Perkebunan Provinsi, Staff Dinas Kota dan Kabupaten Sentra budidaya kakao di Kalimantan Timur seperti Samarinda, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara ini didampingi oleh Tim dari Balittri mengunjungi KP. Gunung Putri untuk melihat perkebunan kopi Arabika serta koleksi Plasma Nutfah Teh milik Balittri. Setiba di kantor KP. Gunung Putri, peserta disambut dengan minuman khas sunda yaitu bandrek dan kudapan berupa rebusan jagung, ubi dan singkong.

Setelah cukup beristirahat, peserta memulai perjalanan didampingi oleh Aka Abdul Qohir staff KP. Gunung Putri. Peserta mengajukan beberapa pertanyaan seputar budidaya kopi Arabika, pembibitan kopi, varietas kopi yang ditanam di daerah ini serta teknik tumpangsari dengan sayuran hortikultura yang dilakukan di KP. Gunung Putri. Tak hanya bertanya seputar tanaman kopi, peserta juga melakukan dokumentasi menggunakan foto dan video tentang semua yang ditemui di KP. Gunung Putri untuk melengkapi materi yang telah mereka dapat di kelas BIMTEK 2 hari sebelumnya.

Kondisi kebun yang naik turun menjadi tantangan sekaligus kesan tersendiri bagi peserta yang terbiasa dengan wilayah datar di Kalimantan. Kegiatan pembelajaran di lapangan diakhiri dengan sesi makan siang di kantor KP. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua peserta dan banyak hal baik yang dapat diadopsi untuk diterapkan di kebun kebun di Kalimantan.