-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id
TV-TANI
pui-balittri

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 52 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253377
Cerita Kopi di Bimtek Kopi Gelombang II PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Susilawati dan Mahardika   
Jumat, 30 Agustus 2019 07:30

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dalam mendukung program Nawa Cita berperan aktif membangun dan mengembangkan Taman Sains Pertanian (TSP) yang merupakan sarana pelatihan untuk memperderas arus inovasi pertanian kepada masyarakat. Balittri kembali mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Komoditas Kopi Gelombang II pada 28 dan 29 Agustus 2019, setelah sukses dalam BIMTEK Kopi Gelombang Pertama yang diikuti oleh 63 peserta. Bimtek Kopi Gelombng II diikuti oleh 68 peserta yang berasal dari berbagai macam profesi dan usia. Mulai dari pengusaha Cafe, Petani, Mahasiswa, Penyuluh, Staff Dinas dan bahkan peminat kopi hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Balittri, Parungkuda, Sukabumi.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kasie Yantek Jaslit Dr. Ir. Samsudin, M.Si dan Kasie TU Mansurudin, SE. sebagai perwakilan dari Balittri. Sambutan disampaikan oleh Dr. Ir. Samsudin, M.Si dengan memberikan ucapan selamat datang kepada peserta Bimtek Kopi di Balittri. Dijelaskan lebih lanjut  bahwa saat ini kopi merupakan komoditas primadona yang menjanjikan karena dikonsumsi dan dipasarkan secara luas oleh berbagai pihak. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta untuk mengetahui proses pengolahan kopi.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan dalam dua sesi yaitu indoor menjelaskan teori dari komoditas kopi dari aspek budidaya, pengendalian hama dan penyakit serta teknik pasca panen kopi. Kemudian terdapat juga sesi praktek di lapangan yang dilaksanakan di TSP Agowidaya Wisata Ilmiah (AwWI) Balittri. Pada hari pertama, materi yang disampaikan adalah Pengenalan Varietas Arabika dan klon Robusta, serta perbenihannya dengan pemateri Ir. Enny Randriani. Dilanjutkan materi kedua yaitu Pascapanen dan Pengolahan Kopi oleh Asif Aunillah STP, M.Si., dijelaskan juga starter kopi Bisang yang merupakan produk yang baru diluncurkan oleh salah satu peneliti Balittri Nendyo Adi Wibowo M.Biotech. Setelah istirahat siang peserta di ajak untuk melihat dan mempraktekkan cara melakukan  stek berakar kopi Robusta, sambung pucuk,  dan sambung Tak Ent. Selain itu, peserta juga diajak mengenal proses pengolahan kopi dimulai dari sortasi buah kopi, sampai bubuk kopi siap untuk di seduh.

Materi Budidaya Tanaman Kopi dan Pengendalian Hama Penyakit Kopi dijelaskan pada hari kedua oleh Ir. Handi Supriadi dan Ir. Gusti Indriati, M.Si. Pembelajaran dilakukan dengan metode sharing sehingga masing masing peserta dapat membagikan pengalaman yang terjadi di lapangan. Peserta yang berasal dari berbagai kalangan sangat antusias mengikuti kegiatan Bimtek ini. Beberapa pertanyaan seputar kerjasama, tindak lanjut yang dapat dibangun dengan Balittri menjadi pertanyaan favorit yang dilontarkan oleh peserta. Dalam kegiatan ini juga diperkenalkan produk hasil penelitian yang telah dirilis dan digunakaan oleh petani seperti Pupuk Hayati, Pestisida Nabati dan Aplikasi Pakar Kopi berbasis Android untuk identifikasi hama dan penyakit kopi.

Kegiatan diakhiri dengan cupping test di cafe TSP Balittri serta pembagian sertifikat dan foto bersama dengan seluruh peserta dan panitia. “Saya sangat bangga dan berterima kasih dengan adanya BIMTEK di Balittri ini. Kedepannya, saya harap dapat mengajak petani di tempat tinggal saya untuk dapat studi banding ke Balittri. Terima kasih.” Ungkapan peserta yang berprofesi sebagai staff Perhutani.

 

Artikel terkait