-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
pui-balittri
WBS
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 67 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253248
Penasaran Potensi B100 Kementan, PT. KAI Kunjungi Lokasi Produksi B100 PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Asif Aunillah   
Kamis, 05 September 2019 07:30

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT. KAI) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Dalam operasionalnya, PT. KAI membutuhkan solar untuk bahan bakar lokomotif dan genset. Kebutuhan tersebut selama ini di suplai dari PT. Pertamina.

 

Melihat prospek B100 yang efisien Vice President Technical Engineering of Rollingstock (PT. KAI), Faizal Muhtadi, mengunjungi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) pada hari rabu 4 September 2019 untuk melihat lebih jauh mengenai produksi biodiesel B100 dan karakteristik biodieselnya. Beliau menyampaikan untuk memenuhi bahan bakar lokomotif dan genset, sejak tahun 2018 PT. KAI sudah memakai biodiesel B20 yang kebutuhannya mencapai lebih dari 240 juta liter. Penggunaan B20 ini mengikuti arahan dari pemerintah untuk menggunakan campuran biodiesel dan solar sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 12 tahun 2015 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 32 tahun 2008 tentang Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) sebagai Bahan Bakar Lain.

Harapannya dari kunjungan ini dapat menjadi batu pijakan untuk penelitian bersama penggunaan biodiesel B100 untuk lokomotif dan genset kereta. Sehingga impian Indonesia sebagai negara mandiri energi tidak hanya sekedar mimpi.

 

Artikel terkait