Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1981864
Pelatihan Validasi Metode dan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Siti dan Setty Utami   
Jumat, 06 September 2019 07:30

Untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai ISO 17025:2017 maka Laboratorium Pengujian Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (LP Balittri) melaksanakan kegiatan pelatihan validasi metode dan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran yang dilaksanakan di Kantor Balittri, pada tanggal 04-05 September 2019. Narasumber ialah Ardina Purnama Tirta merupakan seorang dosen dan konsultan yang kompeten dibidang validasi dan estimasi ketidakpastian.

Validasi metode merupakan suatu tindakan penilaian terhadap parameter tertentu berdasarkan percobaan laboratorium untuk membuktikan bahwa parameter tersebut memenuhi persyaratan penggunaannya. Sedangkan estimasi ketidakpastian pengukuran adalah suatu parameter yang menetapkan rentang nilai yang didalamnya diperkirakan nilai benar. Pelaksanaan validasi metode dilakukan pada hari pertama sedangkan pada hari kedua pelatihan estimasi ketidakpastian pengukuran dan juga dilaukan praktek langsung cara perhitungannya.

Mengingat pentingnya dua metode tersebut untuk sebuah laboratorium pengujian maka diharapkan dengan adanya pelatihan ini, LP Balittri bisa menerapkan sepenuhnya ISO 17025:2017 dan menjadi laboratorium yang handal.

 

Artikel terkait