-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Lapor.go.id
pui-balittri
TV-TANI
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 109 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290318
Penjajakan Kolaborasi Riset Kakao oleh Leave a Nest ke Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Eko Heri Purwanto   
Jumat, 13 September 2019 07:30

Pada tanggal 12 September 2019, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menerima kunjungan dari tim Leave a Nest untuk berdiskusi tentang komoditas Kakao. Leave a Nest adalah perusahaan yang berbasis di Jepang terdiri dari sekelompok peneliti yang memiliki visi "Memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Kebahagiaan Global". Salah satu kompetensi intinya adalah menjembatani antara akademisi dan industri. Mereka juga menciptakan "Program-program Berbasis Pengetahuan" untuk mendukung para peneliti seperti Hyper-Interdisciplinary Conference dan program TECH PLANTER untuk mewujudkan komersialisasi penelitian dari universitas dan lembaga penelitian.

Tim Leave a Nest terdiri dari Mr. Abdul Hakim Sahidi (Managing Director Leave a Nest Malaysia Sdn. Bhd.), Mr. Shohei Michael Maekawa, M.Sc (Chief Operation Officer & Director Leave a Nest Singapore Pte. Ltd.), Mr. Yutaka Kuroki, Ph.D (Chief Scientist Officer Delightex Pte. Ltd.), Mr. Nakatsuka Shinichiro (Director, Business Development & Corporate Strategy Division Japan Tobacco Inc.) dan Mr. Yoshida Yuichi (Manager, Business Development & Corporate Strategy Division Japan Tobacco Inc.). Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk membahas kolaborasi penelitian potensial dengan para peneliti dari Balittri mengenai hal-hal terkait kakao.

Beberapa hal yang didiskusikan adalah tentang jenis dan varietas kakao di Indonesia beserta karakteristiknya, metode budi daya yang berpengaruh terhadap kualitas kakao, proses pasca panen yang paling berpengaruh terhadap senyawa kimia di dalam biji kakao, metode fermentasi dan pengeringan untuk meningkatkan kualitas biji kakao dan plaform “people of bean to bar”.

Sebagai fasilitator Mr. Abdul Hakim Sahidi berharap dengan kunjungan ini, mitranya dari Jepang memiliki pemahaman lebih lanjut tentang Kakao di Indonesia dan membangun kolaborasi penelitian dengan Balittri.

 

Artikel terkait