-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Lapor.go.id
pui-balittri
TV-TANI
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 92 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290359
Lagi, Balittri Gelar Pelatihan Intensif Tanaman Kopi PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Kamis, 26 September 2019 07:30

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) berupa pelatihan intensif komoditas tanaman kopi pada Rabu (25/9). Pelaksanaan bimtek yang ketiga dilaksanakan kembali  guna memenuhi permintaan masyarakat yang ingin mengetahui ilmu mengenai komoditas tanaman kopi. Kegiatan yang bertajuk Bimtek kopi gelombang 3 ini diselenggarakan dalam rangka sosialisasi teknologi unggulan Balittri yang tahun ini sedang dibina menjadi Pusat Unggulan Iptek Bioindustri (PUI) Perkebunan.

Lebih banyak dari Bimtek yang dilaksanakan sebelumnya, kali ini sebanyak 72 orang yang berasal dari berbagai daerah seperti Aceh, Banjar Baru, Surabaya, Cianjur, Sukabumi, mengikuti pelatihan intensif mengenai teknologi perbenihan, budidaya, dan pascapanen. Peserta yang hadir juga sangat beragam latar belakangnya, mulai dari petani, penyuluh pertanian, guru SMK, pengusaha kedai kopi, hingga masyarakat umum yang ingin mengenal tentang tanaman kopi.

Dr. Tri Joko Santoso, S.P., M.Si., selaku Kepala Balai dihadapan peserta bimtek berpesan agar dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. “Silahkan menggali lebih dalam terkait teknologi komoditas kopi yang ada di Balittri”, pesannya sebelum membuka kegiatan Bimtek Gelombang 3 ini secara resmi.

Pada kegiatan Bimtek komoditas tanaman kopi ini, peserta juga diberikan pemahaman mengenai berbagai varietas kopi serta perbenihannya. Peneliti dan teknisi yang berpengalaman dari Balittri diantaranya Dr. Meynarti Sari Dewi Ibrahim, S.P., M.Sc., Ir. Yulius Ferry, Dr. Dra. Rita Harni, M.Si, Dr. Rr. Kurnia  Dewi Sasmita, S.P, M.Si., Cici Tresniawati S.P., M.Si., dan Nurkholis Firdaus, S.P., M.Sc memandu dalam penyampaian materi serta praktek di lapangan.

Fedy salah satu peserta bimtek menyampaikan apresiasi yang positif terhadap kegiatan bimtek ini. Kegiatan ini sangat membantu dirinya yang akan merintis usaha coffee shop. Menurutnya informasi yang disampaikan sangat lengkap. “Jadi, kita dapat mengetahui bagaimana cara menanam kopi yang baik, serta budidayanya. Saya pun dapat mengetahui apa itu sambung tak ent dan stek berakar.” ungkapnya.

Melalui kegiatan bimtek komoditas tanaman kopi peserta dapat mempelajari secara langsung budidaya tanaman kopi secara langsung. Semoga Bimtek ini menjadi satu faktor pendukung keberhasilan petani, pengajar, pengusaha dan pecinta kopi di Indonesia.

 

Artikel terkait