-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Lapor.go.id
pui-balittri
TV-TANI
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 100 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290347
Pelatihan Identifikasi Tanaman Perkebunan PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Jumat, 04 Oktober 2019 07:30

Sektor perkebunan masih menjadi primadona dikarenakan masih menjadi prioritas kebijakan bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Komoditas perkebunan merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia yg mampu memberikan devisa negara. Upaya pengembangan komoditas tersebut diperlukan bukan hanya untuk meningkatkan kuantitas produk, melainkan disertai peningkatan kualitas, keamanan, kontinuitas produksi dengan tingkat harga yang kompetitif sehingga mampu bersaing di pasar internasional.

Tanaman perkebunan mempunyai legitimasi sebagai tanaman perdagangan dan industri dikarenakan terdapat peluang bisnis dan perdagangan. Tanaman Kopi dan kakao masih merupakan komoditi yang banyak dibudidayakan dan menjadi sumber pendapatan bagi petani. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan ini salah satunya melalui penyediaan benih unggul kepada petani. Sebab, penggunaan benih bermutu dapat meningkatkan produktivitas. Kebutuhan benih di setiap daerah juga menjadi perhatian penting. Peran penangkar dan produsen benih sangatlah dibutuhkan. Oleh karenanya diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk dapat memproduksi benih unggul.

Seperti yang dilakukan oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Jawa Tengah untuk melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) pada Rabu (2/10). Pada kesempatan ini sebanyak 45 orang yang terdiri dari petugas pengawas benih tanaman melakukan pelatihan identifikasi tanaman perkebunan untuk komoditas kopi dan kakao di Balittri.

lham Nur Adhi Wicaksono, S.P,. M.Si., yang merupakan peneliti bidang pemuliaan tanaman memberikan edukasi kepada peserta bagaimana cara mengidentifikasi varietas unggul dari tanaman kopi dan kakao. Peserta juga diajak langsung melihat kebun induk kakao dan kebun benih tanaman kopi milik balittri.. Peserta diperlihatkan perbedaan klon tanaman kakao yang berasal dari varietas unggul MCC 1 dan 2, Serta Sulawesi 1 dan 2. Menurut Ilham, selain identifikasi tanaman melalui morfologi tanaman itu sendiri, ada cara lain untuk mengetahui klon-klon tersebut yakni melalui uji molekuler.

Melalui pelatihan ini Balittri berupaya menjadi jembatan bagi BPSB Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga serta memberikan kontribusi dalam mendorong produktivitas komoditas perkebunanan.

 

Artikel terkait