-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
TV-TANI
Saber Pungli
Sigap UPG
Lapor.go.id
Ejurnal
pui-balittri
SKM
perpus_digital
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 41 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1254026
Bimtek TSP Balittri Komoditas Kakao Hari Pertama PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika Puspitasari   
Selasa, 22 Oktober 2019 18:43

Balittri kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dalam rangkaian program Taman Sains Pertanian (TSP) pada bulan Oktober 2019 ini. Setelah berhasil melaksanakan kegiatan Bimtek komoditas kopi sebanyak 3 gelombang, kali ini Balittri mengusung komoditas unggulan lainnya yaitu kakao. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini diikuti oleh 66 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dengan beragam profesi.

Hari pertama tanggal 21 Oktober 2019 berlangsung dengan lancar. Materi pengenalan varietas dan budidaya kakao disampaikan oleh peneliti muda balittri dalam bidang budidaya tanaman dan pemuliaan. Dr. Nur Kholilatul Izzah, Dr. Rr. Kurnia D. Sasmita serta peneliti lainnya membagikan hasil penelitian serta pengalamannya selama satu hari dalam sesi pembelajaran yang tidak hanya di ruangan namun juga di lapangan. Antusiasme yang besar dari peserta tampak dalam sesi diskusi di ruangan dan di lapangan, peserta mengajukan pertanyaan pertanyaan seputar praktek budidaya serta varietas kakao termasuk produktivitasnya.  Peserta juga sharing tentang pengalamannya dalam budidaya kopi di tempat tinggalnya.

Teriknya matahari tak menyurutkan semangat  peserta dalam kegiatan lapangan di kebun kakao TSP Balittri. Selain melihat langsung pohon kakao, pembibitan kakao dan budidaya kakao, peserta juga berkesempatan praktik langsung perbanyakan kakao dengan sambung samping dan sambung pucuk. Tak lupa, peserta mendokumentasikan momen dan setiap materi yang disampaikan dengan foto maupun video. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan foto bersama di kebun TSP Balittri (Dk).

 

Artikel terkait