-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
TV-TANI
Saber Pungli
Sigap UPG
Lapor.go.id
Ejurnal
pui-balittri
SKM
perpus_digital
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 96 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253988
Bimtek Pengembangan Kopi bagi Penyuluh Pertanian Kabupaten Bogor PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Eko Heri Purwanto   
Jumat, 25 Oktober 2019 20:29

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan kabupaten Bogor menyelengarakan kegiatan Bimbingan Teknis pengembangan Kopi bagi penyuluh Pertanian pada tanggal 23 – 24 Oktober 2019. Pada saat pembukaan Kadistanhorbun Ir. Siti Nurianty, MM menyampaikan agar para penyuluh mengembangkan kopi di seluruh kecamatan Kabupaten Bogor baik dari segi budidaya maupun pengolahannya seperti pengembangan kedai-kedai kopi  untuk mendukung Bogor sebagai salah satu sentra kopi Robusta di Jawa Barat.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 80 penyuluh pertanian baik PNS maupun THL se-kabupaten Bogor. Hari pertama diisi materi di kelas dan  kunjungan lapang/field trip pada hari kedua. Pada sesi materi yang berlangsung dari pagi sampai sore, peserta dibagi menjadi 2 kelas masing-masing 40 orang dan mendapatkan materi tentang Budidaya dan pemasaran kopi, perbenihan tanaman kopi Robusta, pengendalian organisme pengganggu tanaman kopi, pascapanen dan pengolahan kopi dengan nara sumber dari Balittri yaitu Ir. Handi Supriadi, Cici Tresniawati SP, M.Si, Dewi Nur Rokhmah, SP, M.Sc dan Eko Heri P, STP, M.Sc.

Hari kedua dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke Kebun Percobaan Pakuwon dan Bioindustri pengolahan kopi di Balittri, Sukabumi. Peserta belajar langsung tentang bahan tanam, perbanyakan kopi robusta, praktek budidaya kopi, pengendalian hama dan penyakit,  serta pengolahan buah kopi menggunakan metode olah basah. Pada budidaya tanaman kopi, peserta belajar mengenai pemangkasan, sambung tak ent, pembersihan gulma, pemupukan tanaman kopi, serta pembuatan rorak. Praktek pengolahan dimulai dengan pengupasan kulit merah buah kopi menggunakan mesin pulper, pengeringan dengan pengering hybrid, pengupasan kulit cangkang dengan huller, penyangraian dengan roaster dan pembubukan dengan mesin grinder. Terakhir peserta mencoba cupping test kopi arabika, robusta dan liberika serta mencicipi seduhan kopi  menggunakan mesin esspreso.

 

Artikel terkait