-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
TV-TANI
Saber Pungli
Sigap UPG
Lapor.go.id
Ejurnal
pui-balittri
SKM
perpus_digital
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 37 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1254063
Mengakhiri Bimtek Kakao dengan Harapan PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati   
Rabu, 23 Oktober 2019 07:30

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kakao Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menyuguhkan materi yang lengkap, dari A hingga Z mengenai budidaya kakao. Bila pada hari pertama kegiatan bimtek ini difokuskan pada materi mengenai pembibitan dan pemeliharaan tanaman, maka pada hari kedua materi beranjak ke ranah pengendalian hama dan penyakit serta diakhiri dengan pengolahan pascapanen kakao.

Para peserta yang berasal dari beragam latar belakang tetap antusias menyimak para nara sumber yang dihadirkan. Sesekali pertanyaan terselip di tengah materi-materi yang disampaikan. Untuk pengendalian hama dan penyakit, nara sumbernya adalah Funny Soesanthy, S.P., M.Si dan Khaerati, S.Si., M.Si. Keduanya menjelaskan hama dan penyakit yang menyerang kakao beserta pencegahan dan pengendaliannya yang ramah lingkungan.

Kemudian dilanjutkan oleh Eko Heri Purwanto, S.P., M.Sc., dan Asif Aunillah, S.TP., M.Sc. yang memaparkan proses penanganan pascapanen kakao. Sesi ini sangat menarik dimana peserta diajak memahami bagaimana proses pengolahan menentukan kualitas dan flavour terbaik dari kakao. Selain itu, muncul pula ide unik dari peserta untuk memanfaatkan bahan tanaman kakao selain biji sebagai bahan baku kosmetik dan pangan. Untuk hal ini tentunya perlu penelitan dan kajian yang lebih lanjut untuk mengetahui nilai tambahnya.

Seperti hari sebelumnya, selain sesi materi di ruangan peserta pun dibawa ke Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) untuk belajar langsung di lapangan, diantaranya pemeliharaan tanaman, pengenalan dan pengendalian hama dan penyakit serta proses pengolahan kakao. Selain itu, Ir. Saefudin, salah satu peneliti senior Balittri, menjelaskan mengenai pemeliharaan tanaman. Harum semerbak wangi kakao menyambut peserta di unit Bioindustri Kopi dan Kakao. Setelah tuntas menyimak Tajul Iflah, S.TP., M.Si yang memaparkan tahapan pengolahan kakao dan mesin-mesin yang digunakannya, peserta pun berkesempatan menikmati produk olahan kakao Balittri. Salah seorang peserta yang sudah beberapa kali membeli produk kakao Balittri mengakui keunggulan kualitas dan citarasa kakao.

Hari kedua ini merupakan hari terakhir dari rangkaian kegiatan Bimtek Kakao 2019 dan penutupan dilaksanakan di Kafe Balittri dimana peserta bisa merasakan nikmatnya seduhan kopi sambil melepas lelah. Pada umumnya peserta menyampaikan terimakasih atas diselenggarakannya kegiatan bimtek ini. Mereka berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan karena peserta bisa mendapat manfaat yang luar biasa, tidak hanya bagi pemerhati, petani atau penyuluh pertanian tetapi juga bagi para produsen olahan kakao yang turut hadir. Meskipun bimtek ini hanya dua hari, diharapkan bisa membawa manfaat yang berkelanjutan dan memberi setitik makna dalam pengembangan kakao di Indonesia.

 

Artikel terkait