-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
TV-TANI
Saber Pungli
Sigap UPG
Lapor.go.id
Ejurnal
pui-balittri
SKM
perpus_digital
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 41 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1254039
Sosialisasi dan Penjaringan Naskah Puslitbangbun: Ayo Menulis! PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika   
Selasa, 05 November 2019 07:30

Senin, 4 November 2019 peneliti dan calon peneliti lingkup Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menghadiri kegiatan Sosialisasi, Penjaringan Naskah dan Diskusi bersama peneliti di aula Balittri. Kegiatan yang digagas dan dihadiri oleh Dewan Redaksi dan Redaksi Pelaksana Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) ini dilaksanakan untuk menjaring naskah tulisan semi popular di lingkungan Puslitbangbun serta mensosialisasikan kembali mengenai format penulisan semi popular. Tim Dewan Redaksi dari Puslitbangbun disambut oleh Dr. Samsudin yang bertugas sebagai pelaksana tugas harian (plh.) Kepala Balai. Setelah dibuka oleh Dr. Samsudin, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Dra. Endang Hadipoentyati, M.S. sebagai Ketua Dewan Redaksi.

Dalam presentasinya, Dra. Endang Hadipoentyati, M.S. menjelaskan mengenai tata cara penulisan naskah di Warta dan Infotek. Tulisan Semi populer yang terbit 4 kali (Warta) dan 12 kali (Infotek) dalam setahun inipun dijelaskan dibaca oleh banyak orang tidak hanya peneliti namun juga petani dan penyuluh. Bahkan, Endang menegaskan bahwa teknologi yang disampaikan lebih dikenal kalau ditulis dalam warta daripada jurnal. Sehingga walaupun hanya bernilai angka kredit 2, namun ini sangat bermanfaat bagi petani dan penyuluh. Selain motivasi menulis, Endang juga mengingatkan kembali mengenai format penulisan di warta dan infotek. “Tulisan ini tidak serumit jurnal. Sehingga pasti lebih mudah bagi peneliti untuk menuliskannya.” Katanya. Dra. Endang Hadipoentyati, M.S. berharap dalam tahun ini para peneliti Balittri bisa mengirimkan setidaknya 10 naskahnya untuk diterbitkan dalam warta dan infotek.

Pada kesempatan ini para peneliti Balittri pun menyampaikan masukannya terkait penulisan semi popular ini. Diskusi berlangsung dengan sangat menarik dan efektif. Beberapa pertanyaan seputar teknis penulisan serta aturan penilaian juga diajukan. Diharapkan kegiatan ini mampu memotivasi para peneliti untuk menulis artikel dan tulisan semi popular lainnya. Menulis merupakan tugas peneliti sebagai pertanggungjawaban dalam menyosialisasikan hasil penelitiannya sehingga dapat dimanfaatkan oleh petani. Sehingga peneliti dapat memanfaatkan wadah yang tersedia seperti Warta dan Infotek.

 

Artikel terkait