-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
TV-TANI
Saber Pungli
Sigap UPG
Lapor.go.id
Ejurnal
pui-balittri
SKM
perpus_digital
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 43 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1254041
Paud Hibrida: Mengenal Kopi dan Kakao di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika   
Kamis, 31 Oktober 2019 07:30

“Tepuk semangat!....se….ma….ngat! Seeeemangat!” Yel yel semangat terdengar di depan kafe Taman Sains Pertanian Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (TSP Balittri) pagi itu. Sebanyak 40 siswa pendidikan usia dini (Paud) Hibrida mengunjungi Kebun TSP Balittri pada Rabu, 30 Oktober 2019. Rombongan siswa usia balita dan para pendampingnya yang dipimpin oleh Ade Ruhayati, kepala sekolah paud yang berlokasi di dalam komplek perumahan Balittri ini disambut oleh Susilawati, M.Si, Lia Anggarini, S.I.Kom dan beberapa staff Balittri yang lain.

Setelah acara dibuka, peserta dipandu oleh Susiawati, M.Si ke pembibitan kopi yang terletak tepat di seberang kafe. Disini peserta dijelaskan mengenai bagian tanaman serta melihat tanaman kopi secara langsung. Peserta rombongan yang masih balita itu sangat antusias mendengarkan penjelasan dan menjawab pertanyaan. Sambil berlari lari kecil, rombongan kemudian menuju ke kebun kakao untuk melihat langsung tanaman serta buah kakao. Siswa usia dini yang sebagian besar belum mengenal tanaman kakao inipun berebut untuk melihat pohon kakao lebih jelas. Tidak berhenti di kebun kakao, peserta dipandu ke lokasi bioindustri untuk mendengarkan pemaparan tentang tahapan pengolahan kakao serta mencicip produk hasil olahan kakao yaitu cokelat. Seperti telah menunggu nunggu, siswa segera melahap permen cokelat yang dibagikan. Beberapa siswa mengaku terkejut dengan rasa cokelat yang pahit tidak semanis cokelat yang biasa mereka makan. “Kok rasanya kayak kopi.” Katanya.

Kegiatan kunjungan diakhiri dengan makan es krim bersama yang disediakan oleh tim dari kafe TSP. Peserta rombongan yang masih berusia balita ini tentu saja sangat senang mendapatkan es krim cokelat. Kegiatan yang dikemas dengan menyenangkan ini merupakan salah satu bentuk dari pemenuhan misi Balittri yaitu melaksanakan penyebaran informasi penelitian kepada masyarakat. Semoga dengan adanya cokelat pahit dan es krim coklat di kebun kakao dan kopi bisa menjadi kesan tersendiri bagi mereka. Serta bisa menumbuhkan kecintaan siswa kepada tanaman dan lingkungan sekitar. Karena masa depan pertanian Indonesia ada di tangan anak anak ini.

 

Artikel terkait