-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Lapor.go.id
pui-balittri
TV-TANI
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 75 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290303
Penyediaan Benih Top Grafting Kakao Klon BL 50 di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Cici Tresniawati, Syafaruddin, Nur Kholis, Tajul Iflah   
Rabu, 06 November 2019 08:52

Salah satu langkah untuk mengatasi rendahnya produksi kakao Indonesia adalah dengan mencari dan memanfaatkan varietas unggul untuk diperbanyak secara masif pada wilayah-wilayah yang sesuai dengan peruntukannya. Semenjak adanya program APBNP pada tahun 2017, tahun 2019 telah dinobatkan sebagai tahun perbenihan tanaman perkebunan. Balittri sebagai salah satu satker dibawah Kementerian Pertanian juga mendapatkan amanah untuk menyukseskan program tersebut salah satunya adalah memproduksi benih kakao secara vegetatif melalui sambung pucuk atau top grafting.

Sumber bahan tanam yang digunakan merupakan batang bawah yang berasal dari benih bersertifikat dan batang atas adalah entres kakao klon BL50 yang berasal dari kebun entres milik Edi Syafianto yang telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia melalui SK No. 145/KPTS/KB.020/12/2017 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan. Penggunaan varietas BL50 menjadi solusi karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya produktivitas yang mencapai 3,69 ton/ha, sehingga diharapkan dalam kurun waktu yang relatif singkat akan cepat mendongkrak produksi kakao Indonesia, dan akan mengakselerasi ranking kakao Indonesia menjadi peringkat kedua atau bahkan nomor satu dunia.

 

Hingga Oktober 2019, Balittri telah memproduksi benih top grafting sebanyak 20.000 yang siap disertifikasi dan didistribusikan pada tahun 2020 kepada stakeholder kakao,  terutama yang akan mengembangkan kebun induk  benih kakao. Semoga dengan distribusi benih top grafting kakao produksi Balittri ini, dapat berkontribusi pada gerakan nasional peningkatan produktivitas, produksi, dan ekspor kakao.

 

Artikel terkait