Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 37 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1988214
Santripun Nyoklat di Kafe Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika Puspitasari   
Kamis, 28 November 2019 22:25

Rombongan dari Lembaga Pesantren Yatim Mabda Islam sebanyak 90 orang berkunjung ke Balittri pada Rabu, 27 November 2019. Peserta yang sebagian besar terdiri dari para santri setingkat smp kelas 7 dan 8 ini dipimpin oleh Ustad Yandi dan didampingi oleh sebanyak 8 orang guru. Sesampainya di Kebun TSP Balittri, para santri disambut oleh Eko Heri peneliti bidang pascapanen Balittri di halaman kafe Balittri. Setelah dibuka oleh Eko Heri Purwanto, STP., M.Sc., Ustad Yandi menyampaikan maksud kedatangan rombongan ke Balittri. Ustad menyatakan bahwa rombongan ingin lebih mendalami tentang pertanian dan mempraktekanny di lingkungan pesantren.

 

Sebelum mulai berkeliling kebun, peserta mendapat pengantar dari Eko Heri Purwanto, STP., M.Sc. mengenai seluk beluk tanaman kopi dan kakao. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah lokasi pembibitan kemudian berlanut ke kebun entres kopi serta perbenihan kopi dan kakao. Tidak hanya tanaman kopi dan kakao, di sepanjang perjalanan ke lokasi kunjungan, para santri diperkenalkan dengan komoditas yang juga menjadi mandat Balittri yaitu macadamia, kemiri sunan dan cola. Di kebun entress, Eko Heri Purwanto, STP., M.Sc. mempraktekkan bagaimana memilih dan memotong batang kopi untuk perbanyakan dengan cara stek. Rombongan juga mengunjungi lokasi bioindustri dimana pengunjung dapat melihat tahapan pengolahan kopi dan kakao. Suasana semakin meriah ketika Eko Heri Purwanto, STP., M.Sc. mengadakan kuis berhadiah sebatang dark chocolate Balittri. Para santri mencoba menjawab pertanyaan, namun hanya 1 orang yang berhasil menjawab dengan benar dan memenangkan hadiah kuis. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama dan menikmati es krim coklat di Kafe Balittri. Beberapa pendamping rombongan juga mencicip kopi liberika racikan barista kafe Balittri.

 

Ustad Yandi menyatakan perasaan senang dan terima kasihnya atas pelayanan yang baik selama berkunjung di Balittri. Balittripun merasa senang dapat menjadi bagian dalam kegiatan pengenalan para santri akan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang pertanian. Diharapkan kunjungan para santri ke Balittri dapat menjadi pengalaman tersendiri bagi para santri. Terima kasih untuk kunjungannya! (Dk).

 

Artikel terkait