Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE
TV-TANI
SKM
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667531
Seminar Laporan Akhir Tahun 2019 dan Proposal 2020 PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Arlia Dwi Hapsari dan Mahardika   
Rabu, 22 Januari 2020 07:30

Pada tanggal 16 – 17 dan 20 – 21 Januari 2020, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) melaksanakan Seminar Laporan Akhir TA. 2019 dan Proposal TA. 2020, bertempat di Ruang Rapat Lt.2, kantor Balittri, Sukabumi. Seminar dibuka oleh Kepala Balai Dr. Ir. Tri Joko Santoso, M.Si. Dalam arahannya, Beliau menyampaikan bahwa output kegiatan penelitian yang sudah dan akan dilaksanakan harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Tidak hanya berupa Karya Tulis Ilmiah (KTI), namun juga dihasilkan paten, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, penelitian harus dirancang dengan baik sejak awal.

 

Seminar dihadiri oleh peneliti dan teknisi litkayasa lingkup Balittri. Sebanyak 9 judul laporan kegiatan Rencana Penelitian Tim Peneliti (RPTP) TA. 2019 dan 12 judul proposal kegiatan RPTP TA. 2020 dipaparkan oleh masing-masing penanggung jawab kegiatan. Dilanjutkan sesi pembahasan oleh tim evaluator dan ketua kelompok peneliti, dan juga dibuka sesi diskusi dengan semua peserta. Beberapa catatan evaluasi menjadi masukan penting bagi tim peneliti, guna perbaikan laporan dan proposal.

 

Penajaman metodologi/teknis pelaksanaan kegiatan penelitian dan keterlibatan personil menjadi fokus dalam seminar proposal. Kegiatan riset harus terkait dengan program nasional dan mampu menghasilkan inovasi. Teknologi yang dihasilkan juga perlu dipertimbangkan dari segi ekonomi. Melalui seminar ini, diharapkan hasil seminar dapat segera ditindaklanjuti dan pelaksanaan kegiatan ke depan dapat diakselerasi dan berjalan dengan baik.

 

Artikel terkait