Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
LPSE
TV-TANI
SKM
PPID
Kalender Tanam
perpus_digital
Saber Pungli
satu-layanan
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
Pakar Kopi
Lapor.go.id
Ejurnal
WBK

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1664622
Study Lapang SMA Budhi Warman ke Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati   
Jumat, 24 Januari 2020 07:30

Di awal tahun 2020 ini, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menerima kunjungan dari SMA Budhi Warman 1 dari Jakarta (23/1/20). Sebanyak 151 siswa/siswi didampingi oleh 12 orang guru pendamping melakukan kunjungan Study Lapangan ke Agro widya Wisata Ilmiah (AwWI) Balittri. Rombongan diterima oleh Kasie Yantek dan Jaslit, Dr. Samsudin, M.Si. yang didampingi staf-stafnya. Sebelum peserta memulai “menjelajah” lapangan, Dr. Samsudin, M.Si. memaparkan Balittri. Beberapa hal di antaranya adalah mengenai mandat penelitian, keberhasilan-keberhasilan, dan berbagai program yang saat ini tengah dikembangkan. Dr. Samsudin, M.Si. memaparkan mengenai berbagai pencapaian yang telah diraih Balittri dan berbagai program kegiatan yang sedang dijalankan. Arif, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ini. Diharapkan para siswa dapat menambah pengetahuan dan pengalaman, demikian disampaikan olehnya.  Tak lupa, beliau pun menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas penerimaan Balittri.

Untuk Efisiensi, rombongan kemudian dibagi tiga kelompok dan masing-masing didampingi oleh Ida Komariah, Amd., Intan Nurhayati, S.Sos., dan Mahardika Puspitasari, SP., M.Si. Di Bukit Energi peserta  disambut oleh Asif Aunillah, STP, M.Sc. yang memaparkan tentang biediesel. Peserta pun berkesempatan melihat langsung proses pembuatan biodiesel dan berbagai jenis biodiesel yang telah dihasilkan oleh Balittri, di antaranya minyak biodiesel dari jarak pagar, kemiri sunan, nyamplung, dan lain-lain. Di Unit Bioindustri Kopi dan Kakao, Eko Heri Purwanto, STP, M.Sc. memaparkan proses pengolahan pascapanen kopi dan kakao, dari fase pengolahan basah hingga produk akhir. Diakhiri dengan penjelasan mengenai perbanyakan kopi dan kakao, dan pengenalan jenis dan varietas kopi yang disampaikan oleh Nurkholis, M.Sc.

Acara lalu ditutup di Kafe Balittri dimana peserta bisa mencicipi kopi khas seduhan barista. Peserta nampak lelah namun puas dengan berbagai pengetahuan yang mereka terima hari ini. Kopi dan kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan andalan Indonesia dan menyumbang devisa yang cukup besar bagi negara. Diharapkan dengan mengenalkan khasanah pengetahuan tentang kedua komoditas tersebut dari sedini mungkin hari ini bisa menumbuhkan motivasi di kalangan generasi muda agar dapat turut serta berkiprah di bidang pertanian dan perkebunan khususnya saat mereka dewasa nanti. Karena di tangan mereka lah tongkat pembangunan masa depan Indonesia berada.

 

Artikel terkait