Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Saber Pungli
Ejurnal
satu-layanan
perpus_digital
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
pui-balittri
Lapor.go.id
LPSE
PPID
Pakar Kopi
SKM
WBS
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 9 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1522944
Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Unpad Pelajari Roasting Kopi di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Muhammad Rifqi Maulid   
Senin, 10 Februari 2020 07:30

Topper

Balittri, Sukabumi.  Tingginya permintaan pada komoditas kopi, tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) serta peluang untuk menghadapi bonus demografi menuntut mahasiswa untuk memanfaatkan waktu liburan menjadi masa belajar melalui kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan tersebut merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman pada mahasiswa, khususnya di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Kopi Robusta

Kopi merupakan tumbuhan penyegar yang banyak diminati kalangan remaja hingga dewasa, komoditas inilah yang diteliti oleh Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) yang berada di bawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun). Institusi ini memiliki fokus penelitian pada komoditas kopi, teh, kakao, karet, iles-iles, kemiri sayur, makadamia dan tanaman penghasil bahan bakar nabati.

Roasting Kopi

Eko Heri Purwanto, STP., M.Sc. selaku pembimbing lapangan mengatakan bahwa penelitian mengenai roasting kopi merupakan salah satu yang minim di Indonesia. Padahal, roasting merupakan proses produksi yang sangat berpengaruh terhadap kualitas kopi. Kompleksitas pengaruh fisiko-kimia merupakan hal yang perlu diuji pada roasting kopi. Sangat disayangkan bila Indonesia yang merupakan salah satu pemasok kopi berkualitas tinggi, tidak mampu men-scale up produktivitas menjadi lebih besar.

Kegiatan PKL dilaksanakan selama 30 hari kerja, terhitung mulai tanggal 9 Januari 2020 s.d. 19 Februari 2020 mendatang. PKL dilakukan oleh satu orang mahasiswa dari Program Studi Teknologi Industri bernama Muhammad Rifqi Maulid. Peserta PKL diarahkan untuk mematuhi peraturan yang berlaku di Balittri, menjaga 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), memberikan dukungan pada media sosial resmi Balittri serta mematuhi jam kerja (07.30-16.00 WIB).

Sortasi Kopi

Selama masa PKL berlangsung, mahasiswa diarahkan untuk mempelajari pengolahan sekunder dan metode analisis pengujian mutu biji kopi. Pengolahan sekunder dari kopi mencakup tahapan hulling (pengupasan kulit tanduk), sortasi, grading (penyerataan ukuran biji kopi) dan roasting (penyangraian). Biji kopi yang digunakan berjenis Arabika dengan varietas Sigarar Utang, ditanam pada ketinggian 1500 mdpl di Gunung Putri, Kabupaten Cianjur.

Selain mempelajari pengolahan kopi, mahasiswa mempelajari pula pengolahan kakao mulai dari memanen buah hingga menghasilkan produk turunan berupa cokelat dan bubuk kakao. Mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk mencicipi manisnya cokelat secara langsung setelah proses pengolahan.


 

Artikel terkait