Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pakar Kopi
Lapor.go.id
Ejurnal
WBK
LPSE
TV-TANI
SKM
PPID
Kalender Tanam
perpus_digital
Saber Pungli
satu-layanan
Sigap UPG
pui-balittri
WBS

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 26 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1664633
Luar Biasa, KPRI RATI Masuk Kategori Koperasi Terbaik Se-Kabupaten Sukabumi PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Jumat, 14 Februari 2020 07:30

Untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) RATI menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT) tahun buku 2019 di ruang aula Balittri, Selasa (11/02). Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI) Dr. Tri Joko Santoso, S.P., M.Si. memberikan sambutan dalam acara tersebut dan menyampaikan bahwa banyak hal yang sudah dicapai oleh pengurus koperasi RATI dan indikator yang menjadi acuan pun mengalami peningkatan.

Bahkan Sisa Hasil Usaha (SHU) setiap anggota juga mengalami peningkatan, “Ini menjadi prestasi yang patut kita banggakan”, ujarnya. Kepala Balittri mengharapkan KPRI RATI ke depannya akan lebih banyak mengembangkan bidang usaha. Ia juga menambahkan bahwa RAT merupakan forum tertinggi anggota koperasi. Dengan demikian, seluruh anggota koperasi bisa mengetahui kemajuan usaha koperasi sekaligus mendapat laporan pertanggungjawaban kepengurusan atas kegiatan yang telah dijalankan. Selain itu, anggota pun berhak untuk memberikan usulan, saran, dan kritik atas rencana kerja tahun berikutnya.

Kepala Seksi Pengawasan dan Fasilitasi Pembiayaan Koperasi Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, menyampaikan apresiasinya kepada pengurus koperasi RATI yang telah menyelenggarakan RAT ini secara tepat waktu. "KPRI RATI ini masuk ke dalam peringkat ke-26 dari 2047 koperasi se-Kabupaten Sukabumi. Kami pun terus melakukan pembinaan kepada koperasi-koperasi sehingga dapat menghasilkan koperasi yang berkualitas. Kalau saya melihat perkembangan KPRI RATI cukup baik dilihat dari segi usaha dan administrasinya, karena saya pun sering mengikuti kegiatan pembinaan di Koperasi RATI ini," tandasnya.

RAT ini merupakan sarana  bagi pengurus dan pengawas untuk memberikan laporan pertanggungjawaban selama satu tahun. Dalam RAT ini juga diharapkan peran serta aktif anggota untuk mengevaluasi dan memberikan masukan yang tentu saja dapat membangun KPRI RATI menjadi lebih baik lagi. Aset KPRI RATI  saat ini telah mencapai tiga (3) milyar rupiah yang berasal dari modal anggota itu sendiri. Ini merupakan sebuah prestasi, sebab tidak mudah untuk mengembangkan koperasi. Menurutnya yang memanfaatkan usaha di koperasi adalah anggota. “Maju mundurnya koperasi bergantung dari komitmen anggotanya”, tegasnya." Kami pun sudah mendaftarkan koperasi RATI  sebagai koperasi berprestasi di tingkat provinsi. Kami harap koperasi Balittri dapat mewakili Kabupaten Sukabumi sebagai koperasi yang berprestasi di tingkat nasional”.

Seperti tradisi RAT sebelumnya, acara diakhiri dengan pembagian hadiah yang menarik dan tentunya disambut dengan meriah dan penuh sukacita oleh para anggota yang hadir. Dengan tema perdapuran, beragam hadiah disediakan meliputi satu set meja makan, kitchen set dan "alat tempur" dapur seperti kompor, peralatan makan, perkakas untuk memasak, dan hadiah hiburan lainnya. Selamat bagi pemenang dan maju terus KPRI RATI!

 

Artikel terkait