Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
WBK
TV-TANI
LPSE
SKM
perpus_digital
Lapor.go.id
WBS
Kalender Tanam
Pakar Kopi
pui-balittri
baittri-siap-zi
satu-layanan
PPID
Ejurnal
Saber Pungli
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 18 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2065259
Komitmen Bersama Pimpinan Balittri dalam Implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Diah Ayu Rahmawati   
Kamis, 11 Juni 2020 15:03

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi  pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya sehingga keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan  pengawasan publik terhadap penyelenggaraan Negara dan Badan Publik lainnya hal ini sesuai dengan pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) karena hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dimana informasi merupakan kebutuhan pokok bagi setiap individu maupun lingkungan sosialnya.

Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, dan biaya ringan dan cara sederhana, serta dapat membuka akses publik terhadap informasi yang dihasilkan berorientasi pada pelayanan masyarakat. Keterbukaan Informasi Publik telah dicanangkan pemerintah dengan tujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (good governance) melalui penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan supremasi hukum serta melibatkan partisipasi  masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik.

Sehubungan dengan tugas tersebut, PPID Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar sebagai PPID Pelaksana UPT Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Kepala Balittri selaku penanggung jawab PPID Balittri beserta Tim PPID Balittri dan perwakilan ASN Balittri pada hari Kamis tanggal 11 Juni 2020 melakukan pernyataan Komitmen Bersama Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan Balittri dan dilanjutkan dengan penandatangan dokumen.

Kepala Balittri dalam kesempatan tersebut menyampaikan arahannya yang mendukung penuh pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Balittri melalui penyediaan anggaran. Sarana dan prasarana pendukung, SDM Kompeten, serta pengelolaan dan pelayanan informasi publik yang cepat, mudah dan transparan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.