Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pakar Kopi
PPID
perpus_digital
Kalender Tanam
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
satu-layanan
LPSE
WBK
Lapor.go.id
WBS

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1805344
Mengupas Budidaya dan Hama Penyakit Kakao dalam Bimtek Online PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika   
Kamis, 06 Agustus 2020 07:30

Rabu, 5 Agustus 2020 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) kembali menggelar BIMTEK Online bertajuk “Kupas Tuntas Komoditas Kakao” sesi kedua. Bimbingan teknis (Bimtek) yang mengangkat materi mengenai Budidaya dan Hama Penyakit Kakao merupakan kelanjutan dari Bimtek yang dilaksanakan sehari sebelumnya. Kegiatan yang dimoderatori oleh Dewi Nur Rokhmah, SP., M.Sc. ini berlangsung selama 3 jam dan dihadiri oleh 2 narasumber yang ahli dibidangnya. Dr. Kurnia Dewi Sasmita dan Dr. Rita Harni merupakan peneliti Balittri yang telah banyak melakukan penelitian dalam bidang budidaya tanaman kakao dan hama penyakit kakao. Kegiatan yang dilaksanakan secara online menggunakan fasilitas zoom meeting ini merupakan bagian dari keseluruhan rangkaian kegiatan Bimtek Online Kakao. Kegiatan ini juga ditayangkan di media sosial Balittri yaitu youtube, twitter dan facebook.

Sebanyak kurang lebih 300 peserta mengikuti kegiatan ini. Banyak sekali pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh peserta dalam kegiatan ini. Diantaranya adalah seputar cara pemeliharaan kakao di kebun dan pemberian pupuk. Selain itu, peserta juga banyak menanyakan mengenai hama penggerek buah kakao (PBK) serta penyakit layu pentil. Selain pembacaan pertanyaan oleh moderator, dalam sesi diskusi juga terdapat 2 penanya yang menyampaikan pertanyaannya secara langsung. Antusiasme peserta yang begitu besar merupakan semangat tersendiri bagi tim pelaksana kegiatan BIMTEK Online Balittri untuk selalu memberikan yang terbaik. Kepala seksi pelayanan teknis dan jasa penelitian Nur Kholilatul Izzah, SP., MP., Ph.D selaku penanggungjawab kegiatan ini turut hadir mendampingi dari awal sampai akhir acara.

Bimtek Online merupakan salah satu metode yang dilaksanakan oleh Balittri dalam rangka diseminasi teknologi dan hasil penelitian Balittri kepada masyarakat umum. Kondisi pandemi covid-19 bukan menjadi penghalang bagi Tim Balittri untuk berkarya. Beberapa gangguan teknis yang dialami merupakan pelajaran tersendiri bagi tim pelaksana Bimtek Online untuk dapat menghasilkan yang lebih baik lagi demi kemajuan komoditas kakao di Indonesia.

 

Artikel terkait