Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
satu-layanan
LPSE
WBK
Lapor.go.id
WBS
Pakar Kopi
PPID
perpus_digital
Kalender Tanam
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1805459
Balittri Siap Bersinergi Guna Percepatan Hilirisasi Hasil Inovasi PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Rabu, 09 September 2020 07:30

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) tetap konsisten untuk terus berinovasi dalam pemanfaatan potensi sumber daya pertanian, khususnya pada sub sektor komoditas perkebunan. Sebagai upaya untuk mendorong percepatan hasil riset dan inovasi, maka Balittri juga membangun relasi kemitraan dalam rangka hilirisasi produk hasil inovasi. Kepala Balittri, Dr. Tri Joko Santoso menegaskan bahwa Balittri terbuka untuk bekerjasama dan bersinergi dengan industri sehingga pemanfaatannya dapat segera dirasakan.

Sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian energi, Balittri terus melakukan pengembangan Bahan Bakar Nabati (BBN) sebagai alternatif pengganti bahan bakar yang berasal dari fosil. Balittri telah menghasilkan inovasi berupa reaktor yang merupakan komponen utama untuk mengolah minyak nabati menjadi bahan bakar. BBN yang dikembangkan Balittri atau disebut juga dengan B-100, menggunakan bahan baku berasal dari CPO (Crude Palm Oil) dan telah dilakukan serangkaian uji, baik performa melalui road test dan juga uji mutu. Sehingga, produk yang dihasilkan memang telah memenuhi standar untuk dipasarkan secara komersil.

Berbagai pihak mulai dari lintas kementerian, pengusaha, hingga swasta sangat merespon dengan baik kehadiran B-100 ini. Tak sedikit mereka yang datang secara langsung melihat dan membuktikan performa dari B-100. Berbagai  diskusi pun terus dilakukan dalam rangka pengembangan produk yang lebih optimal. Oleh karenanya, diperlukan dukungan semua pihak dalam rangka percepatan hasil inovasi teknologi Balittri.

Indonesia memiliki potensi pertanian yang sangat menjanjikan. Tak sekedar sebagai pemenuh kebutuhan pangan, sektor pertanian juga memiliki peranan penting dalam menyediakan lapangan pekerjaan, hingga mendukung kemandirian energi. Melalui sinergi pengembangan Biodiesel 100 (B-100) diharapkan dapat segera memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil yang jumlahnya semakin terbatas. Semoga

 

Artikel terkait