Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
LPSE
WBK
Lapor.go.id
WBS
Pakar Kopi
PPID
perpus_digital
Kalender Tanam
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 28 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1805531
Evaluasi Tanaman untuk Penetapan Kebun Entres Teh Varietas Gambung 7 PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Budi Martono   
Senin, 31 Agustus 2020 07:30

Pada tanggal 26 s.d 28 Agustus 2020 telah dilakukan penetapan kebun entres teh varietas Gambung 7 milik Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai kebun sumber benih yang berlokasi di KP. Gunung Putri Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pada kegiatan penetapan ini, Direktur Perbenihan Perkebunan menugaskan 5 (lima) petugas yang terdiri dari dari unsur pemulia tanaman Dr. Drs. Budi Martono, M.Si, PBT Ahli Pertama Ahmaniar, S.P, calon PBT Ahli Pertama Isna Maulida, S.P, penghimpun dan pengolah data  Widatmi, S.P., dan unsur struktural Kasie Mutu dan Pengawasan Benih, Direktorat Perbenihan Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan, yaitu Maya Novariyanthy, S.P., M.Sc. Kegiatan ini juga didampingi oleh Cici Tresniawati, S.P., M.Si, staf dari Unit Perbanyakan Benih Sumber (UPBS) dan Aka Abdul Qahir selaku Kepala Kebun.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan sumber benih berdasarkan pemeriksaan administrasi dan aspek teknis, seperti kondisi eksisting tanaman, kebun ataupun kemurnian benih serta riwayat pemeliharaan sumber benih. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan taksasi produksi untuk melihat potensi produksi benih. Dalam pelaksanaannya, penetapan kebun entres juga dilakukan untuk melihat jumlah populasi dan kemurnian varietas dengan metode sensus. Sedangkan untuk melihat potensi produksi stek dan tingkat kesehatan tanaman digunakan metode sampling.

Berdasarkan hasil pemeriksaan administrasi dan pengamatan lapangan oleh tim, diperoleh hasil bahwa kebun entres teh GMB 7 milik Balittri layak ditetapkan sebagai kebun sumber benih. Hasil pemeriksaan ini menjadi bahan pertimbangan dalam rangka penetapan kebun sumber benih teh oleh Direktur Jenderal Perkebunan atas nama Menteri Pertanian.

 

Artikel terkait