Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 16 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1988074
Kunjungan Utusan Khusus Presiden Seychelles ke Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Jumat, 11 September 2020 07:30

Seychelles merupakan negara kepulauan di lepas pantai timur Afrika, sebelah utara Madagaskar. Negara yang berada tidak jauh dari Garis Khatulistiwa ini potensial untuk pengembangan tanaman Kopi dan Kemiri Sunan. Tertarik untuk mengembangkan di daerahnya, Presiden Seychelles mengirim utusannya ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) pada tanggal 10 September 2020.

Nico Barito, utusan khusus presiden Seychelles untuk ASEAN tersebut diterima oleh Plh. Kepala Balittri, Nur Kholilatul Izzah, Ph.D, beserta tim peneliti di ruang kerja Kepala Balittri. Dimulai dengan pembicaraan seputar inovasi yang dihasilkan oleh Balittri sampai saat ini, kemudian pembicaraan berfokus pada peluang kerjasama pengembangan kopi Liberika di Republik Seychelles dan pengembangan kemiri sunan yang sudah dilakukan Balittri di lahan kering iklim kering di NTT. Menurutnya, peluang pengembangan kemiri sunan untuk subsidi ekonomi lokal sangat baik. "Mari kita fokus pada komoditas sendiri", tegasnya.



Setelah diskusi, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Taman Sains Pertanian Pakuwon untuk melihat pertanaman kemiri sunan serta reaktor biodiesel yang dibuat di Balittri. Di hadapan utusan khusus, Ir. Dibyo Pranowo menjelaskan konstruksi  reaktor dan pengolahan biodiesel. Di samping itu, Peneliti Ahli Utama Balittri ini juga menyampaikan bahwa biodiesel yang dikembangkan Balittri ini sudah mengantongi 3 jenis paten, baik untuk teknologi proses, metode, hingga mesin reaktornya sendiri.


 

Artikel terkait