Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE
TV-TANI
SKM
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667543
Mahasiswa Teknik Pertanian UNPAD PKL di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Sarah Salamah   
Kamis, 08 Oktober 2020 07:30

Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilaksanakan selama satu bulan di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) telah selesai tanggal 15 September 2020. Saya, Sarah Salamah beserta rekan saya Rolieta Swietenia adalah mahasiswi semester 7 dari Jurusan Teknik Pertanian Universitas Padjadjaran  (UNPAD) yang melaksanakan PKL dengan topik mengenai alat dan mesin pertanian pascapanen kakao.

Kakao (Theobrooma Cacao L.) merupakan salah satu komoditas mandat penelitian Balittri, yang diolah menjadi produk berupa bubuk kakao dan cokelat batang. Proses pengolahan tersebut dilaksanakan  di unit Bioindustri pengolahan kakao tepatnya di Agrowidya Wisata Ilmiah ( AwWI) milik Balitrri. Selama PKL berlangsung, kami didampingi oleh 2 orang peneliti beserta 3 orang staf Balittri yang selalu memberikan bimbingan dari awal hingga PKL berakhir.

Kegiatan PKL meliputi pengamatan alat dan mesin pascapanen kakao, dimulai dari proses pemetikan biji hingga pengemasan produk. Tidak hanya itu, kami juga belajar mengenai pengolahan pascapanen komoditas kopi, karena tempat pengolahannya berdampingan dengan komoditas kakao. Meskipun tema yang kami ambil fokus pada mekanisasi pertanian, Balittri sangat terbuka bagi para mahasiswa untuk saling membangun kerja sama dan berbagi Ilmu bidang yang lain.

Sejak hari pertama PKL, Balittri selalu memberikan kesan yang baik. Dimulai dari respon pelayanan yang begitu cepat, lingkungan dan fasilitas kerja yang begitu memadai, hingga para staf dan peneliti yang sangat ramah. Semua itu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, dan membuat saya bersemangat untuk melakukan PKL di Balittri.

Satu bulan menjalani PKL, terasa begitu cepat dilalui. Banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang saya  dapatkan selama di Balittri, dan tentunya tidak saya peroleh salama perkuliahan di Kampus. Saya pribadi sangat merekomendasikan Balittri sebagai tempat PKL bagi para mahasiswa yang berkecimpung di bidang pertanian.

 

Artikel terkait