Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
TV-TANI
SKM
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667498
Bimtek Literasi Informasi bagi Peneliti Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati dan Mahardika   
Rabu, 14 Oktober 2020 07:30

Peneliti dan informasi merupakan hal yang saling berkaitan. Peneliti membutuhkan informasi dan juga menghasilkan informasi. Namun demikian, diperlukan keahlian khusus dalam pencarian informasi ini, yaitu literasi informasi. Literasi informasi merupakan salah satu skill yang sangat penting bagi peneliti agar dapat memperoleh sumber rujukan yang tepat untuk mendukung kegiatan penelitian maupun penulisan ilmiah. Dengan kemampuan literasi informasi, peneliti bisa mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan, mencari sumber informasi yang tepat, lalu mengelola dan memanfaatkan informasi tersebut.

Untuk itu, sungguh merupakan suatu kesempatan yang berharga saat tim dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dalam rangka Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Informasi dengan tema “Strategi Penelusuran Informasi Online” pada Selasa (13/10/20). Kegiatan ini dibuka oleh Kasie Yantek dan Jaslit Balittri, Nur Kholilatul Izzah, S.P., M.P., Ph.D. dan dihadiri oleh seluruh peneliti Balittri, baik secara online melalui aplikasi zoom meeting maupun langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid yang berlaku.

Ira Dwi Rachmani, STP, M.Si. selaku Kepala Bidang Layanan PUSTAKA menyampaikan bahwa kegiatan bimtek literasi informasi ini sebagai salah satu upaya proaktif dalam memberikan layanan informasi. Selanjutnya, dengan gaya khasnya yang energik dan menarik, narasumber dari PUSTAKA, yaitu Ir. Juznia Andriani, M.Hum. didampingi oleh pustakawan Muhamad Zuhdi, S.Sos, memaparkan materi tentang sumber-sumber informasi dan cara mengaksesnya. Peserta pun dibimbing secara langsung oleh narasumber untuk melakukan penelusuran informasi mandiri. Dalam kesempatan yang sama, disampaikan pula materi lain yang tak kalah penting dalam penulisan karya tulis ilmiah, yaitu plagiarisme dan beberapa situs online yang menyediakan jasa pengecekan plagiarism secara gratis.

Kegiatan yang berlangsung selama lebih dari 2 jam ini berlangsung hangat dan interaktif. Banyak ilmu yang didapat untuk mendukung peneliti dalam menghasilkan tulisan. “Kegiatan ini bermanfaat sekali dan banyak yang kami belum tahu mengenai pencarian jurnal, sekarang bisa tahu.” Ujar Indah Sulistiyorini, salah satu peneliti Balittri.

Merupakan harapan bersama setelah kegiatan ini, para peneliti bisa lebih cepat dalam mencari literatur dan dapat menghasilkan karya tulis ilmiah lebih banyak lagi. Karena dengan tulisanlah hasil penelitian yang dilakukan dapat terdokumentasi dan tersampaikan untuk kemajuan pengetahuan dan teknologi.

 

Artikel terkait