Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
TV-TANI
SKM
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667510
Rintisan Kerjasama Balittri dengan Columbia PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Dewi Nur Rokhmah   
Sabtu, 10 Oktober 2020 07:30

Dalam rangka mewujudkan Visi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) untuk Menjadi Balai Penelitian Berkelas Dunia yang Menghasilkan Inovasi Teknologi Unggul Tanaman Industri dan Penyegar, perlu dilakukan kerjasama dengan lembaga lain termasuk instansi dari luar negeri. Pada Jum’at 9 Oktober 2020, perwakilan Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian, yaitu kepala sub bagian Amerika dan Eropa Reynold P. Sitompul, SP., M.Sc dan staf penyusun bahan kerja sama Rismawan Farid Lufianto, SS mengunjungi Balittri. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut tindak lanjut dari pertemuan Expert Group Meeting (EGM) ke-3 di Medan pada tahun 2019.

Program kerja sama yang diajukan oleh Balittri adalah kerja sama kolaborasi penelitian dan pertukaran materi genetik. Rencana kerja sama tersebut mengenai Perakitan Varietas Kakao Produksi Tinggi dan Adaptif terhadap Perubahan Iklim dan kerja sama mengenai Perakitan Varietas Kopi Produktivitas Tinggi, Tahan Hama Penyakit Utama dan atau Adaptif Perubahan Iklim. Pembahasan mengenai perkembangan dan tindak lanjut proyek kerja sama dengan Columbia yang diusulkan oleh Balittri tersebut dibahas lebih lanjut dalam kunjungan kali ini.

Rombongan diterima oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Mansuruddin, SE. dan Dewi Nur Rokhmah, M.Sc sebagai perwakilan dari Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian. serta peneliti dari kelompok peneliti pemuliaan tanaman. Tidak hanya diskusi, rombongan juga mengunjungi Laboratorium Bioenergi. Diharapkan, kerjasama riset pemuliaan dan pertukaran materi genetik kakao dan kopi dengan Colombia ini dapat mendukung dalam mempercepat pencapaian output riset pemuliaan kakao dan kopi di Balittri.

 

Artikel terkait