Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE
TV-TANI
SKM
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667607
Perdana, Virtual Tour Summer Course 2020 PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Selasa, 20 Oktober 2020 07:30

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) bersama Departemen Teknologi Industri Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) sukses menyelenggarakan kegiatan Virtual Tour Summer Course 2020, Senin (19/10).  Tour  Summer Course ini merupakan yang ke-3 kalinya dilaksanakan di Balittri dalam rangka kerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian IPB . Di tahun 2020 ini, tema yang diangkat  adalah “SUSTAINABLE AGROINDUSTRY: Adding Values to Local Commodities in Rural Areas”.

Untuk pertama kali nya Balittri membuka Fieldtrip secara daring, dikarenakan kondisi pandemi yang belum membaik. Bertempat di lokasi Taman Science Pertanian (TSP) Balittri, Nur Kholilatul Izzah, SP., MP., Ph.D. selaku Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian turut membuka pelaksanaan virtual tour ini. Sebanyak 50 peserta dari berbagai negara diantaranya, Indonesia, Malaysia, Thailand, hingga Amerika Serikat.  Pada tour kali ini peserta difokuskan untuk melihat lebih dekat dengan komoditas kakao. Mereka dipandu oleh beberapa peneliti Balittri untuk melihat teknologi pengelolaan tanaman kakao mulai dari sektor hulu hingga hilirnya. Di kawasan TSP ini, peserta dapat menyaksikan lokasi perbenihan, kebun produksi, serta lokasi pengolahan tanaman perkebunan, khususnya kakao.

Dr. Endang Warsiki, S.TP., M.Si. selaku Dosen TIN  menyampaikan bahwa Kegiatan Summer Course ini dapat menjadi sebuah kesempatan yang baik bagi peserta yang bergabung untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya membuat nilai tambah dari sebuah produk pertanian.  Penambahan nilai suatu produk pertanian merupakan upaya untuk meningkatkan nilai ekonomi dari suatu komoditas pertanian tersebut. Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah inovasi baik dalam pengelolaan hasil pertanian dan juga teknik pengolahan sehingga tetap dapat bersaing dan memberikan keuntungan yang optimal bagi sektor industri.

 

Artikel terkait