Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pakar Kopi
PPID
perpus_digital
Kalender Tanam
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
satu-layanan
LPSE
WBK
Lapor.go.id
WBS

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 16 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1805309
Mahasiswi Ilmu Tanah UNEJ Magang Profesi di BALITTRI PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Ekky Permatasari   
Senin, 07 Desember 2020 07:30

Kegiatan Magang Profesi yang dilaksanakan selama empat puluh lima hari di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) telah selesai pada tanggal 25 November 2020. Saya, Ekky Permatasari adalah mahasiswi semester 7 dari Program Studi Ilmu Tanah Universitas Jember yang melaksanakan Magang Profesi dengan segala kegiatannya dilakukan di Laboratorium Tanah dan Tanaman yang berada di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar.

Analisis tanah pada kebun milik Balittri adalah kegiatan sehari-hari yang dilakukan di Laboratorium Tanah dan Tanaman. Analisis yang banyak mahasiswi lakukan adalah analisis N-Total, C-Organik, Kadar Air, Ph Tanah, dan lain-lain. Selain melakukan analisis tanah dari kebun milik Balittri, Laboratorium Tanah dan Tanaman menerima analisis tanah dari pihak luar yang ingin tanahnya dianalisis di Lab milik Balittri tersebut. Selama Magang Profesi berlangsung, mahasiswi didampingi oleh satu orang peneliti dan beberapa staf di Laboratorium Tanah dan Tanaman hingga berakhirnya Magang Profesi.

Kegiatan Magang Profesi diawali dengan pengenalan alat-alat yang berada di Laboratorium Tanah dan Tanaman, lalu mencoba untuk membantu menimbang tanah , dan melihat beberapa analisis tanah, pada akhirnya mencoba menganilisis sendiri senyawa-senyawa yang ada pada tanah. Meskipun fokus dari mahasiswi ada pada analisis tanah, namun pihak Balittri sangat terbuka bagi para mahasiswa untuk saling membangun kerja sama dan berbagi ilmu bidang yang lain.

Sejak hari pertama melakukan Magang Profesi, Balittri selalu memberikan kesan yang sangat baik dan ramah. Dimulai dari respon pelayanan yang begitu cepat, lingkungan dan fasilitas kerja yang begitu memadai, hingga para staf dan peneliti yang sangat membantu. Semua itu menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman, serta memberikan suntikan semangat tersendiri ketika melaksanakan Magang Profesi.

Empat puluh lima hari melakukan Magang Profesi di Balittri, tak terasa waktu begitu cepat dilalui. Banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang mahasiswi dapatkan selama melakukan Magang Profesi di Balittri yang tentunya belum mahasiswi dapatkan pada masa perkuliahan di Kampus. Mahasiwi pribadi merekomendasikan Balittri sebagai tempat melaukan Magang Profesi bagi para Mahasiwa/Mahasiwi yang berkecimpung dengan bidang Pertanian.

 

Artikel terkait