Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 36 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1988184
Mahasiswa Agribisnis UNEJ magang di BALITTRI PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Retalia Risma Sari dan Nurul Latifah   
Selasa, 08 Desember 2020 07:30

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) merupakan Balai Penelitian yang memiliki mandat untuk melaksanakan penelitian tanaman industri dan penyegar seperti karet, kakao, kemiri sayur, kopi, kola, teh, tamarin, makadamia, jarak pagar, kemiri sunan, dan penelitian bahan bakar minyak nabati (biofuel). Balittri juga mengelolah beberapa komoditas dari hulu hingga hilir. Salah satu contohnya yaitu kopi.

Balittri memiliki beberapa kebun percobaan (KP). Diantaranya KP Pakuwon memiliki luas 154,6 ha. KP Cahaya Negeri memiliki luas 30 ha. KP Gunung Puteri memiliki luas 5 ha. Pada Hari Pertama kami di beri kesempatan untuk mengunjungi KP Pakuwon bersama dengan Instruktur kami, yaitu Abdul Muis Hasibuan. Kami ditunjukan semua proses budidaya dari pembibitan hingga pasca panen.

Sebagai Mahasiswi Agribisnis, kami tentu memperhatikan peluang-peluang bisnis yang bisa diambil dalam beberapa proses budidaya yang dilakukan oleh Balittri untuk kemudian kami angkat menjadi Penelitian kami. Instruktur kami mengajarkan beberapa hal terkait dengan pengambilan data yang tepat. Selain pengambilan data, juga diajarkan olah data menggunakan metode dan aplikasi yang sesuai agar hasil penelitian dapat sesuai dengan yang diharapkan.

Selama proses penelitian yang kami lakukan, dibantu oleh beberapa staf serta pelayanannya begitu cepat, lingkungan dan fasilitas kerja begitu memadai, hingga kami tidak memiliki kesulitan yang berarti. Staf yang sangat ramah serta welcome dengan adanya mahasiswa magang membuat kami merasa nyaman. Tidak hanya ramah mereka juga tidak pelit ilmu dengan kami sehingga kami juga mendapatkan ilmu. Fasilitas yag ada di kantor Balittri sangat nyaman seperti perpustakaan, masjid maupun kantin.

Magang penelitian telah selesai pada tanggal 25 November 2020 yang dimulai sejak tanggal 12 Oktober 2020. Magang yang kami lakukan selama 45 hari terasa sangat singkat. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan selama di Balittri.

 

Artikel terkait