Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pakar Kopi
PPID
perpus_digital
Kalender Tanam
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
satu-layanan
LPSE
WBK
Lapor.go.id
WBS

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1805323
Mahasiwa Agroekoteknologi UNDIP Menimba Ilmu dan Pengalaman saat Pandemi melalui Kegiatan PKL di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Muhammad Ilyasa Nur Fatikha   
Senin, 14 Desember 2020 07:30

Sukabumi, (12/20). Kondisi Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini tidak menyurutkan semangat seorang mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Mahasiswa tersebut adalah Muhammad Ilyasa Nur Fatikha, Seorang mahasiswa semester 7 dari Program Studi Agroekoteknologi Universitas Diponegoro (UNDIP), telah melaksanakan kegiatan PKL selama 2 bulan atau lebih tepatnya 45 hari kerja. Kegiatan PKL berlangsung mulai tanggal 12 Oktober s/d 15 Desember dengan topik yang diambil yaitu teknik pembenihan kakao. Selama kegiatan PKL, mahasiswa tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Tanaman kakao (Theobroma cacao L.) merupakan salah satu komoditas perkebunan penting di Indonesia karena merupakan komoditas ekspor dan berperan penting bagi perekonomian Indonesia. Komoditas ini merupakan salah satu komoditas mandat penelitian Balittri. Dalam kegiatan PKL, mahasiswa belajar banyak hal terkait kakao khususnya pada teknik pembenihan kakao yang dilakukan di kebun benih Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) Balittri dan dibimbing oleh 1 orang peneliti dan 1 orang staff kebun.

Kegiatan PKL yang dilakukan meliputi pembenihan kakao secara generatif (biji) dengan tahapan pemanenan buah kakao, seleksi biji, perlakuan biji, penanaman, dan pemeliharaan dan pengamatan benih serta pembenihan kakao secara vegetatif dengan teknik sambung pucuk dengan tahapan seleksi batang bawah, pemanenan entres, penyambungan, dan pemeliharaan. Tidak hanya itu, mahasiswa berkesempatan untuk melakukan kultur jamur dalam media dan pengamatan melalui mikroskop. Pengalaman lain yang didapat yaitu mahasiswa berkesempatan belajar dengan barista di cafe AwWI mengenai penyajian kopi dan perkembangan kopi di Indonesia.

“PKL di Balittri merupakan pengalaman yang berharga bagi saya, karena membuka banyak wawasan tentang kakao dan kopi serta komoditas tanaman industri lainnya. Pelayanan disini sangat cepat, lingkungannya asri, fasilitas yang memadai dan staff/peneliti di sini sangat ramah dan sangat terbuka untuk sharing ilmu” ujarnya. Dua bulan PKL di Balittri terasa begitu cepat berlalu, terdapat banyak ilmu dan pengalaman baru yang didapat. Terima kasih Balittri.

 

Artikel terkait