Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 26 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1988157
Stek Berakar Kopi, Potensi Produksi Benih Berkualitas Berskala Nasional PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Andi Rakhmat Fauzan   
Selasa, 15 Desember 2020 07:30

Sukabumi (11/12). Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia (tercatat 355.766,5 ton pada tahun 2019), tingginya permintaan kopi tersebut merupakan peluang perekonomian yang besar. Permintaan kopi umumya menghendaki kualitas produk yang tinggi sehingga menyebabkan petani dituntut untuk memproduksi kopi berkualitas dengan jumlah tinggi. Pembenihan merupakan satu hal yang tidak dapat lepas dalam tujuan penciptaan produk kopi yang berkualitas tersebut. Stek berakar contohnya, merupakan salah satu metode populer untuk perbanyakan kopi Robusta. Stek berakar kopi dikembangkan di Indonesia salah satu tempat yang mengembangkannya adalah Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri).

Andi Rakhmat Fauzan, seorang mahasiswa semester 7 yang menempuh kuliah di jurusan Agroekoteknologi Universitas Diponegoro (UNDIP) melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Balittri dengan tema stek berakar kopi dan pemeliharaannya. Kegiatan PKL dilakukan mahasiswa selama 45 hari kerja terhitung dari tanggal 12 Oktober hingga 15 Desember 2020. Selama perjalanan yang dilalui mahasiswa, dilakukan beberapa kegiatan baik berkaitan tema maupun diluar tema sesuai dengan kegiatan. Beberapa kegiatan yang dilakukan mahasiswa tersebut diantaranya adalah panen entres, persiapan media tanam stek, pemeliharaan stek, pindah tanam, penataan polybag, pengemasan dan pengiriman stek. Kegiatan yang lain yang dilakukan diantaranya adalah stek berakar, sambung kakao, membantu penelitian mahasiswa/peneliti di Balittri baik pengamatan atau pelaksanaan, serta belajar menjadi barista.

Penulis mengucapkan sebanyak-banyaknya kepada Balittri yang telah memberikan pengalaman baik berupa ilmu teori maupun ilmu terapan kepada mahasiswa. Fasilitas yang terdapat di Balittri selama pandemi sungguh baik, pada tempat-tempat kerumunan seperti kantor, masjid, hingga cafeteria terdapat fasilitas cuci tangan gratis. Serta penulis mengapresiasi karena rata-rata peneliti dan karyawan Balittri mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan mengurangi jumlah kunjungan keluar dan kedalam Balittri. Khusus penulis sampaikan kepada Nur Kholis Firdaus, SP., M.Sc selaku pembimbing lapangan, Sakiroh, SP., M.Sc selaku dosen pembimbing, dan Ratman sebagai pelatih barista. Penulis merasa senang dengan sambutan serta kerjasama yang baik selama kegiatan PKL yang diterima di Balittri.

 

Artikel terkait