Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pakar Kopi
PPID
perpus_digital
Kalender Tanam
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
satu-layanan
LPSE
WBK
Lapor.go.id
WBS

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1805349
20 hari Penuh Makna di Balittri-Cerita Mahasiswa magang UNS PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika   
Selasa, 02 Februari 2021 07:30

Sejak tanggal 11 Januari 2021, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menerima sebanyak 4  Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk melaksanakan Kuliah Magang Mahasiswa (KMM). Dalam kegiatan magang yang berlangsung selama kurang lebih 20 hari ini, mahasiswa UNS berkesempatan melakukan praktek kerja di Laboratorium. Keempat mahasiswa tersebut adalah Lintang Cahya Andewi, Laili Nur Fatikhah, Salsa Bila Cahyo, dan Meliana Saputri. Selama melaksanakan kegiatan magang, keempat mahasiswa ini dibimbing oleh para peneliti Balittri antara lain Ilham Nur Ardhi Wicaksono, SP., M.Si, Cici Tresniawati, SP.,M.Si., Dr. Meynarti Sari Dewi Ibrahim, SP.,M.Si. dan Indah Sulistiyorini, SP., M.Si.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah pengenalan Balittri, kegiatan di laboratorium biomolekuler seperti melakukan isolasi DNA (dari sampel daun kakao di kebun percobaan dan daun kopi di rumah kaca), elektroforesis gel agarose, amplifikasi sampel DNA menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction) dan visualisasi pita DNA menggunakan gel documentation. Serta di laboratorium kultur jaringan seperti pemeliharaan botol kultur, pembuatan media, sterilisasi alat dan bahan (media kultur), pengambilan eksplan bunga kakao dan daun kopi yang akan dikultur, sterilisasi eksplan (dari sampel daun kopi di rumah kaca, dan bunga kakao di kebun percobaan), penanaman eksplan di dalam media kultur, pengamatan pertumbuhan kultur, hingga aklimatisasi (pemindahan tanaman dari media kultur ke media tanah pada pot) dan penyiraman tanaman hasil aklimatisasi di rumah kaca. Selain kegiatan penelitian terkait molekuler dan kultur jaringan di laboratoium keempat mahasiswa mendapatkan pengenalan proses pascapanen di Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) yang merupakan Kebun Percobaan (KP) milik Balittri dengan konsep Taman Sains Pertanian (TSP).

“Sebelum melaksanakan magang, kami sempat merasa takut karena selama tiga semester hanya melakukan praktikum (termasuk biomolekuler dan kultur jaringan) secara online. Tetapi, ketakutan itu akhirnya hilang karena di Balittri kami benar-benar dibimbing dan dibantu oleh pembimbing lapangan maupun teknisi laboratorium di masing-masing bidang. Tidak hanya itu, kesan pertama kami ketika bertemu staff di Balittri, orang-orangnya sangat ramah, baik dan banyak membantu kami sebagai peserta magang.” Tutur keempat mahasiswa tersebut.

Tak hanya kesan yang baik, para mahasiswa juga mengungkapkan bahwa Balittri merupakan instansi yang sangat direkomendasikan untuk melaksanakan kegiatan magang atau penelitian karena Balittri memiliki fasilitas, pelayanan, SDM serta lingkungan yang nyaman dan mendukung untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan meningkatkan skill baik penelitian di laboratorium maupun di lapang.

 

Artikel terkait