Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Kaldu Emas
TV-TANI
LPSE
SKM
PPID
Sigap UPG
Pakar Kopi
Kalender Tanam
baittri-siap-zi
WBS
perpus_digital
Lapor.go.id
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2124947
BIMTEK untuk Petani Kopi di Lampung PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika   
Kamis, 25 Maret 2021 07:30

BIMTEK (Bimbingan Teknis) Padat Karya Adopsi Teknologi Tanamana Industri dan Penyegar yang telah dilaksanakan di KP. Pakuwon dan Cisaat, juga dilaksanakan di Lampung Utara. Kegiatan yang berlokasi di Kebun Percobaan Cahaya Negeri dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada tanggal 23 Maret 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 55 orang peserta yang bekerja sebagai petani maupun buruh tani di lingkungan KP. Cahaya Negeri.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar Dr. Tri Joko Santoso, SP., M.Si ini terlaksana dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta dan staff di lokasi kegiatan menggunakan masker dan menjaga jarak. Materi disampaikan oleh peneliti Balittri bidang pemuliaan tanaman Cici Tresniawati, SP., M.Si dan peneliti bidang Pascapanen Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. Peserta sangat antusias menyimak pemapanan dari para pemateri. Selain pemberian materi, kegiatan juga dilaksanakan di lapangan yaitu praktek pemeliharaan kebun dan pengenalan perbanyakan kopi robusta dengan stek berakar oleh Kepala Kebun KP. Cahaya Negeri Herman. Selain melakukan praktek di kebun, peserta juga berkesempatan melakukan roasting kopi di ruang pengolahan kopi cahaya negeri yang dipandu oleh Bp. Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc.

Di masa pandemik ini memang banyak kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan secara normal. Banyak juga petani yang terdampak karena pembatasan yang diterapkan oleh pemerintah. Sebagai lembaga pemerintah, diharapkan kegiatan BIMTEK ini dapat memicu semangat para petani untuk tetap bergerak dan bekerja ditengah keterbatasan.

 

Artikel terkait