Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 16 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1979303
PKL Mahasiswa Teknik Pertanian Unsoed di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika   
Jumat, 26 Februari 2021 07:30

Pandemi Covid-19 masih berlangsung, namun tidak menyurutkan semangat 3 orang mahasiswa Universitas Jendral Sudirman untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, ketiga mahasiswa jurusan Teknik Pertanian, Universitas Jendral Sudirman ini melaksanakan PKL di bidang bioindustri pertanian. Sahrul Nurlaedin, Fajri Lintang Timur dan M. Januar Abdul Majid melaksanakan PKL di Balittri mulai 21 Januari sampai dengan 25 Februari 2021 dibimbing oleh peneliti Balittri bidang Pascapanen, Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 5 minggu ini dilaksanakan di Bioindustri dan Laboratorium Terpadu Balittri. Dalam kegiatan ini, ketiga mahasiswa ini turut dalam kegiatan di Balittri terutama dalam penggunaan mesin mesin pengolahan kopi dan kakao. Selain itu, mahasiswa juga ikut dalam kegiatan pembuatan Bietanol di laboratorium. Mahasiswa yang mengungkapkan sempat khawatir tidak bisa melaksanakan PKL dalam masa pandemik ini merasa bersyukur ketika dapat menyelesaikan kegiatan sesuai jadwal.

“Disini kami mendapatkan banyak sekali mendapatkan pengalaman baru yang berharga dan tidak bisa didapatkan di dunia perkuliahan, dari penggunaan mesin, pengolahan kakao, hingga praktik langsung di laboratorium merupakan suatu hal yang menarik bagi kami. Tempat yang nyaman, lingkungan yang mendukung, pegawai-pegawai yang suka membantu dan kekeluargaan, membuat Balitrri ini sangat cocok untuk teman-teman melaksanakan PKL maupun penelitian. See you next time!” Ujar ketiganya, ketika memberikan kesan tentang pengalaman selama di Balittri. Adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi Balittri dapat menjadi tempat bagi generasi muda untuk mengenal dunia kerja.

 

Artikel terkait