Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
perpus_digital
Ejurnal
pui-balittri
PPID
WBS
satu-layanan
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
Saber Pungli
Sigap UPG
TV-TANI
SKM
Kalender Tanam
LPSE
WBK
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 63 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2017616
Panen Sayur di Bulan Ramadhan PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Elseta Br Tarigan   
Selasa, 27 April 2021 14:38

Obor Pangan Lestari (OPAL) merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat untuk menanam tanaman bermanfaat sebagai sumber pangan yang paling dekat untuk diakses. Sebagai salah satu lembaga penelitian di dalam lingkup Kementrian Pertanian, Balittri juga turut berperan serta dalam kegiatan ini.  Kegiatan yang diyakini dapat meningkatkan imunitas tubuh selama masa pandemic ini dilaksanakan dalam bentuk Taman Agroinovasi. 

Tahun 2021, Taman Agroinovasi dilaksanakan dengan penanaman sayur menggunakan teknik hidroponik. Setidaknya terdapat 5 jenis sayuran yang ditanam dengan teknik hidroponik yang terletak di sebagian area taman di perkantoran Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Kangkung, pakcoy, selada, bayam merah dan slada merah yang ditanam pada bulan Maret 2021 ini dipanen pada tanggal 26 April yang lalu. 

Pemanenan sayur perdana di tahun 2021 ini dilaksanakan bersama sama oleh Nur Kholilatul Izzah, S.P., M.P., Ph.D selaku Sub Koordinator Yantek dan Jaslit Balittri dan beberapa staf Balittri. Hasil panen kemudian dikemas dan dibagikan kepada para pegawai Balittri. Merupakan kebahagiaan tersendiri dapat menikmati hasil panen dari kebun kantor sendiri ditengah bulan Ramadhan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pegawai. Semoga hal ini dapat mendorong para pegawai dan masyarakat sekitar untuk turut serta menanam tanaman pangan di pekarangan rumah, sehingga tujuan program ini dapat tercapai. Karena pangan yang sehat merupakan modal utama untuk mendapatkan tubuh yang sehat (Els).