Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 16 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1979305
Testimoni Mahasiswa PKL: Politeknik Negeri Subang PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Riyan Pirmansyah, Rizki Subagja, Wildan Hayatul Ichsan, Wita Arga Nuryana   
Senin, 03 Mei 2021 10:49

Pada tulisan kali ini kami dari Mahasiswa Politeknik Negeri Subang akan berbagi pengalaman melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar(Balittri) yang berlokasi di Jl. Raya pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi 43357. Kami memilih PKL di Balittri karena Balittri merupakan Balai penelitian yang tidak hanya meneliti tanaman perkebunan namun juga membuat produk-produk dari kopi dan kakao yang mampu bersaing dengan produk lain, sehingga sangat cocok dengan jurusan kami jurusan Agroindustri. Dengan adanya pandemic covid-19, jumlah mahasiswa yang diterima untuk PKL sangat terbatas. Sehingga kami bersyukur mendapatkan kesempatan ini.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 Februari sampai dengan 22 April 2021. Kami diterima oleh staff kepegawaian Ibu Diah Ayu Rahmawati yang kemudian memperkenalkan kami kepada pembimbing PKL Bp. Eko Heri Purwanto. Dengan arahan dari pembimbing, kami melaksanakan PKL  di Taman Sains Pertanian (TSP) dan di kafe Balittri selama kurang lebih 2 bulan kemudian kami melakukan pengujian di Laboratorium Terpadu Balittri.

Di TSP, kami belajar tentang pengolahan Kopi dan Kakao dari hulu sampai hilir. Kami belajar tentang bagaimana memanen buah kopi yang berwarna merah dan mengolahnya. Di kebun TSP yang luas ini, tak jarang kami jumpai nyamuk yang menggigit selama kami melakukan kegiatan. Namun itu tidak membuat kami menyerah.

Dengan melakukan seluruh kegiatan PKL ini kami termotivasi bahwa segala sesuatu harus melalui proses yang membuat kami lebih dewasa dan lebih baik lagi. Semoga kami bisa menerapkan apa yang kami dapat ini dalam kehidupan kami selanjutnya. Kami senang dapat belajar banyak di sini. Terima kasih Balittri! Salam hormat kami mahasiswa subang.