Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1979365
Kunjungan Lapang Direktorat PPHP PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Muftikhatul Mu'awanah   
Senin, 21 Juni 2021 07:30

Kegiatan kunjungan lapang atau fieldrip Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (PPHP), Direktorat Jenderal Perkebunan ke Balittri dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 19 Juni 2021. Kegiatan dibuka oleh Subkoordinator Yantek dan Jaslit Nur Kholilatul Izzah, SP., MP., Ph.D dengan sambutan hangat untuk para rekan dari Ditjenbun. Setelah sambutan, peserta langsung menerima materi mengenai pengolahan pasca panen kopi yang dijelaskan oleh peneliti Pasca Panen Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Elsera Br Tarigan, S.Si, M.Si.

Dalam kegiatan ini, dijelaskan proses pengolahan kopi yaitu pemanenan, sortasi, pengupasan dengan proses full washed dengan mesin pulper, pengeringan menggunakan alat pengering khusus, pemisahan kulit tanduk menggunakan mesin huller, Roasting/Sangrai menggunakan mesin topper sehingga menghasilkan biji kopi dark, medium, dan light dan grinding menjadi bubuk kopi. Tidak hanya penjelasan, pemberian materi juga dilakukan dengan menunjukkan mesin mesin yang dimaksud serta praktek cara penggunaannya. Sehingga peserta yang terdiri dari petani, kelompok tani dan petugas dari PPHP juga dapat melihat keseluruhan proses pengolahan dan hasilnya.

Kegiatan yang berlangsung cukup singkat namun padat informasi ini diakhiri dengan foto bersama dan beristirahat sambil menikmati kopi di café Balittri. Kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Balittri untuk tetap menginformasikan hasil penelitian dan sebagai wahana belajar bagi para stakeholder yang bergerak di bidang tanaman perkebunan. Walaupun belum dibuka kembali dengan normal, tahun ini Balittri mulai menerima kunjungan untuk filedtrip dan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek). Tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Artikel terkait