Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1979410
Testimoni Mahasiswa Politeknik AKA Bogor PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati   
Jumat, 23 Juli 2021 07:30

Kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) sangat lazim diterapkan di perguruan tinggi, dimana para mahasiswa terjun langsung di dunia kerja dan berkesempatan mengimplementasikan pengetahuan teoritis di bangku kuliah dalam kerja nyata.  Atau sebaliknya, para mahasiswa mendapat pengetahuan dan pengalaman baru yang memperkaya keilmuannya. PKL sendiri bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan keterampilan untuk menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya serta bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara dalam peningkatan ekonomi.

Kesan pertama yang kami dapat saat pertama kali menginjakkan kaki di adalah betapa bagus dan indahnya tempat kami PKL ini. Lingkungan kantor yang tertata rapi dan dihiasi taman dengan bunga-bunga yang indah membuat kami semakin semangat untuk menjalani PKL di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri).

Kami adalah mahasiswa Politeknik AKA Bogor dan dalam tulisan ini akan berbagi sekelumit pengalaman kami selama PKL di Balittri yang berlokasi di Jln. Raya Pakuwon Km.2 Parungkuda, Sukabumi 43357. Kegiatan PKL dimulai pada bulan Maret 2021. Dalam pelaksanaannya kami dibimbing langsung oleh Dr. Kurnia Dewi Sasmita, S.P., M.P. selama PKL kami melakukan beberapa validasi metode uji yang sering digunakan untuk pengujian harian, antara lain penetapan P dan K potensial, P tersedia metode Olsen dan Bray I, penetapan C organik, dan penetapan N total.

Pelaksanaan PKL berlangsung selama kurang lebih 4-5 bulan, lebih singkat dari yang seharusnya yaitu 6 bulan. Kebijakan ini diambil mengingat situasi pandemi Covid-19 yang kurang mendukung. Menurut kami, pelaksanaan PKL di Balittri sangat menambah wawasan dan skill analisis kami dalam bidang mendalami instrumen yang tersedia di Laboratorium Uji seperti spektrofotometer UV-VIS, spektrofotometer serapan atom, dan alat destilasi.

Tanpa terasa, akhirnya tiba saatnya bagi kami untuk berpamitan kepada staff dan pembimbing disana. Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh staff dan pembimbing kami di Balittri. Semoga Balittri terus berkembang dalam bidang penelitian tanaman industri dan penyegar.

 

Artikel terkait