Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Sigap UPG
TV-TANI
SKM
Kalender Tanam
LPSE
WBK
Pakar Kopi
perpus_digital
Ejurnal
pui-balittri
PPID
WBS
satu-layanan
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2017728
Denfarm Rehabilitasi Intercropping Lada dengan Kopi Robusta di Kabupaten Tanggamus PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Sakiroh   
Senin, 30 Agustus 2021 07:51

Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada tahun 2021 mengadakan program Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK). Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) melakukan salah satu kegiatan dalam koordinasi Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro). Kegiatan yang dilaksanakan Balittri terdiri dari 2 sub kegiatan yaitu denfarm rehabilitasi intercropping lada dengan kopi Robusta dan demplot intercropping lada dengan kopi Robusta untuk mendukung peningkatan produktivitas lada hitam Lampung > 1,0 ton/ha/tahun.

Kegiatan denfarm rehabilitasi intercropping lada dengan kopi Robusta mendukung peningkatan produktivitas lada hitam Lampung > 1,0 ton/ha/tahun dengan luas lahan 10 ha di laksanakan pada kelompok tani Karya Makmur, Desa Sidomulyo, Keamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pemetaan tanaman lada dan kopi eksisting,  pemeliharaan tanaman lada dan kopi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) budidaya tanaman lada dan kopi Robusta. Pada kegiatan ini juga diintroduksikan teknologi dan produk  dari Balittri yaitu Pupuk hayati pakuwon, Bionema, Biotris dan klon unggul kopi Robusta Korolla 1, 2, 3 dan 4.

Pada tanggal 20 Agustus 2021, peneliti dan teknisi dari Balittri yaitu Ir. Saefudin, Dr. Kurnia Dewi Sasmita, Dr. Ir. Rita Harni, Sakiroh, M.Sc, Sulaeman Makmun dan Penyuluh Pertanian dari BPTP Lampung Erdiansyah, S.P., mensosialisasikan dan mempraktekkan cara penggunana produk dari Balittri tersebut, cara penymbungan tak ent pada tanaman kopi Robusta.

Kegiatan RPIK ini disambut baik oleh anggota kelompok tani Karya Makmur, hal ini terlihat dengan adanya perubahan kondisi kebun intercropping lada dengan kopi yang diantaranya sudah dilakukan pemangkasan pemeliharaan kopi, dan pembersihan kebun.

 

Artikel terkait