Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
perpus_digital
Ejurnal
pui-balittri
PPID
WBS
satu-layanan
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
Saber Pungli
Sigap UPG
TV-TANI
SKM
Kalender Tanam
LPSE
WBK
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2017647
Summer Course 2021 di Balittri, Tingkatkan Wawasan Pengembangan Tanaman Komoditas di Masa Pandemi PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Rabu, 14 Juli 2021 07:30

Departemen Teknologi Agroindustri, Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) kembali menyelenggarakan SUMMER COURSE TIN 2021. Kegiatan yang bertemakan SUSTAINABLE AGROINDUSTRY :  Adding Value to Local Commodities in Rural Areas ini diikuti oleh beberapa mahasiswa dari berbagai institusi perguruan tinggi baik nasional maupun internasional, seperti College of Engineering Villanova University, Universiti Putra Malaysia, Maejo University. Summer Course ini dilaksanakan selama 25 Hari terhitung sejak 4 Juli 2021 kemarin.

Sebagai rangkaian dari kegiatan Summer Course ini, Selasa (13/7) juga telah berlangsung Virtual Field Trip yang di laksanakan di kawasan Taman Sains Pertanian (TSP) Balittri. Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi keseruan pelaksanaan Kunjungan Virtual. Asif Aunillah, M.Sc selaku penanggung jawab lapangan dari kegiatan Virtual Field Trip ini menjelaskan bahwa peserta Summer Course dapat mengetahui lebih banyak mengenai konsep argoindustri berkelanjutan khususnya pada komoditas kakao. Seperti diketahui, kakao menjadi komoditas yang memiliki potensi nilai ekspor bagi negara penghasil tanaman tersebut. “kami mengenalkan kepada peserta berbagai jenis tanaman kakao, budidayanya, serta proses pengolahannya”, ujarnya. Ia juga menambahkan pada kesempatan yang sama peserta dapat berinteraksi langsung dengan peneliti yang berkompeten seperti Eko Heri Purwanto, M.Sc, Elsera, Br Tarigan, M.Si, dan juga Nur Kholis Firdaus M.Sc. di sesi Focus Group Discussion (FGD). “Harapannya peserta mendapatkan wawasan mengenai potensi pengembangan usaha tani berbasis tanaman komoditas perkebunan. Selain itu juga mengetahui bagaimana menghasilkan tanaman kakao hingga produk olahan yang yang memiliki nilai tambah sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya petani”, tegasnya.

Dr. Endang Warsiki, S.TP, M.Si selaku pemandu acara dan juga perwakilan dari IPB sangat berterima kasih kepada Balittri yang sudah bersedia mendukung terselenggaranya summer course 2021 kali ini. Baginya, melalui kolaborasi yang kesekian kalinya diharapkan dapat terus terjalin antara IPB-Balittri. “Dukungan yang diberikan Balittri bagi pengembangan ilmu pendidikan tentu saja sangat berperan penting bagi institusi pendidikan”, lanjutnya.

 

Artikel terkait