Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
baittri-siap-zi
satu-layanan
PPID
Ejurnal
Saber Pungli
Sigap UPG
WBK
TV-TANI
LPSE
SKM
perpus_digital
WBS
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Pakar Kopi
pui-balittri

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 29 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2066756
Testimoni Magang Mahasiswa Univ. Djuanda Bogor PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Cindy Amelia Hardianti dan Shania Mari zoe Susanto   
Senin, 04 Oktober 2021 07:30

Cindy Amelia Hardianti dan Shania Mari zoe Susanto, mahasiswa Universitas Djuanda Bogor Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Kabupaten Sukabumi pada Agustus s/d September 2021. Kedua mahasiswa yang akrab dipanggil Cindy dan Shania ini melaksanakan PKL di lokasi Bioindustri Balittri dibimbing oleh peneliti bidang pascapanen yaitu Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. dan Elsera Br. Tarigan, S.Si., M.Si. “Kesan pertama kami, pada pak eko dan ibu sera mereka sosok yang ramah, kalem dan humble. Beliau yang membimbing dan mengarahkan kami mengenai topik PKL yang kami ambil serta mebimbing kami dalam peroses pengujian pada saat di laboratorium” ujar keduanya.

Selama melaksanakan PKL, kedua mahasisw ini melakukan beberapa kegiatan yaitu mempelajari tahapan proses pengolahan kopi dan kakao dari mulai panen hingga produk akhir, serta mempelajari bagaimana membedakan mutu kopi dan kakao yang baik dan kurang baik, dan mengidentifikasi mengenai ciri fisik buah kopi dan kakao yang sudah siap untuk dipanen serta pengenalan ciri fisik buah kopi Arabika, Robusta, Liberika, dan Excelsa. Selain itu, keduanya juga mempelajari proses pengolahan kakao menjadi bubuk kakao dan coklat batang serta mengikuti proses pengolahan biji kopi dari mulai panen sampai pengemasan. Tahapan kegiatan dalam proses pengolahan kopi yang diikuti yaitu dimulai dari panen – sortasi – fermentasi – pencucian – pengeringan – penggilingan – sortasi biji – penyangraian – penghalusan – pengemasan dan siap minum setelah diolah di cafe balittri.

Keduanya mengaku banyak belajar mengenai kopi dan kakao, arti kerja keras, kekompakan, dan saling support dalam dunia kerja. Selain itu juga mendapatkan pelajaran hidup yang sangat berharga, mulai dari kebersamaan dan solidaritas. “Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pegawai Balittri yang telah mendukung kegiatan PKL kami selama disini, kepada Bu Diah, Pak Eko, Bu Sera, Pak Ali & Bu Ali,  Pak Ratman, serta kawan – kawan PKL, sukses untuk kita semua, semoga kita bisa bertemu di lain waktu dan bisa menjadi partner usaha/bisnis di masa depan.” tambahnya.

 

Artikel terkait