Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pui-balittri
baittri-siap-zi
satu-layanan
PPID
Ejurnal
Saber Pungli
Sigap UPG
WBK
TV-TANI
LPSE
SKM
perpus_digital
WBS
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 36 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2066709
Pengalaman Instiper Yogyakarta Praktek Kerja Lapang di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Instiper Yogyakarta   
Senin, 11 Oktober 2021 07:33

Praktek Lapangan dan Kegiatan Magang merupakan kegiatan yang wajib dipenuhi oleh mahasiswa Institut Pertanian Stiper Yogyakarta. Namun, dengan adanya pembatasan covid 19, tak mudah untuk mendapatkan instansi yang bersedia menjadi lokasi kegiatan ini.  Kami merasa bersyukur bahwa Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) berkenan dan menyambut baik niat kami untuk melakukan kegiatan Praktek Lapangan dan Magang di sana.

Balittri merupakan salah satu balai penelitian di bawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Badan Litbang Pertanian.  Balittri memiliki mandat untuk melakukan penelitian di komoditi tanaman industri dan perkebunan, di antaranya kopi, kakao, karet, teh, tamarin, iles-iles, makadamia, porang, dan tanaman bioenergi.  Adapun scope penelitiannya meliputi pemuliaan tanaman, ekofisiologi, dan pengolahan pasca panen.  Hal ini pastinya sangat sesuai dengan jurusan perkuliahan kami, yaitu jurusan Teknologi Hasil Pertanian.

 

Balittri memiliki berbagai macam fasilitas yang lengkap untuk menunjang penelitian di bidang tanaman industri dan penyegar, terutama komoditas kopi dan kakao. Kebun percobaan yang luas dengan fasilitas lengkap serta laboratorium dengan sumber daya manusia yang kompeten dan peralatan laboratorium dengan teknologi terkini. Selain itu, peneliti-peneliti dengan kepakaran di bidangnya masing-masing menjadi pembimbing kami dalam mempelajarai hal-hal baru, dari hulu hingga ke hilirnya, seperti persiapan lahan hingga penyajian produk.

Selama kegiatan Praktek Lapangan dan Magang berlangsung (kurang lebih 4 bulan), kami diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Suasana bimbingan yang jauh dari suasana tegang, malah sebaliknya merasa nyaman dan menikmati berbagai kegiatan yang dilakukan.  Minggu pertama adalah orientasi lokasi, untuk mengenali lingkungan kerja dan membantu kegiatan penelitian yang sedang dilakukan. Kami juga berkesempatan membantu penyelenggaraan bimbingan teknis kopi di Balittri dengan materi yang beragam mengenai kegiatan pengolahan dari hulu hingga hilir komoditas kopi dan kakao. Selain itu, juga kami melakukan proses pengolahan dari mulai panen hingga hingga menjadi produk yang unggul dan bernilai ekonomis, serta pengujian seperti uji organoleptik pada produk tersebut.

Pada penghujung kegiatan, kami mengungkapkan rasa terima kasih atas peluang yang telah diberikan. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Balittri, terutama pembimbing kami, Eko Heri Purwanto S.TP., M.Sc. dan Nurkholis, M.Sc. atas segala ilmu yang telah diberikan. Semoga ilmu yang kami terima bisa kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kami menyampaikan apresiasi yang mendalam atas rangkaian Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Magang yang telah diwujudkan oleh pihak Balittri dengan sangat baik.  Jaya terus pertanian Indonesia!

 

Artikel terkait