Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
baittri-siap-zi
Kaldu Emas
Pakar Kopi
Lapor.go.id
perpus_digital
LPSE
Kalender Tanam
Ejurnal
WBK
WBS
Sigap UPG
TV-TANI
PPID
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 34 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2243818
Kegiatan PKL Siswa SMK Negeri 1 Temanggung di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Arry Widyan Nugraha   
Senin, 27 Desember 2021 07:30

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) kembali menjadi tuan rumah untuk Praktek Kerja Lapang (PKL) yang kali ini berasal dari siswa kelas IV SMK Negeri 1 (STM Pembangunan) Temanggung program studi Produksi dan Pengelolaan Perkebunan. Sebanyak 6 siswa yaitu Arry Widyan Nugraha, Coverrando, Fiorendra Suprayogo, Deni Ismawan, Dwi ’Atho’ Maimun, Gusnadi Rahmat Chusayni, dan Tegar Eri Pratama melaksanakan PKL selama 5 bulan, mulai dari tanggal 09 Agustus 2021 sampai 24 Desember 2021.

Nur Kholis Firdaus, M.Sc. dan Iing Sobari, SP, M.Sc., keduanya peneliti Balittri, diamanahi untuk membimbing keenam siswa dan mengarahkan mereka untuk mempelajari berbagai komoditas tanaman mandat Balittri, seperti tanaman kopi (Arabika, Robusta, Liberika), kakao, karet dan makadamia. Kegiatan PKL lebih banyak dilakukan di lapangan, tepatnya di Taman Sains Pertanian (TSP) Balittri, dimana mereka diajarkan berbagai berbagai tahap budidaya kopi (Arabika, Robusta, Liberika), kakao, karet, dan makadamia.  Mulai dari tahap persemaian, penyiapan bahan tanam,  hingga pasca panen.

Kesempatan untuk belajar langsung di lapangan dan mempraktekan apa yang mereka terima di kelas atau dari pembimbing di Balittri dilaksanakan dengan penuh semangat dan antusias. Tak hanya itu itu, mereka pun berkesempatan berbaur dengan siswa PKL dari sekolah lain atau para mahasiswa magang di Balittri. Mereka sangat bersyukur dan berterima kasih dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapatkan sehingga waktu 5 bulan pun tidak terasa berlalu begitu cepat.  Para siswa pun menyampaikan terima kasih kepada para pembimbing dan teknisi yang telah banyak membantu selama kegiatan PKL.


Para siswa PKL dari  SMK Negeri 1 (STM Pembangunan) Temanggung sangat terkesan dengan pelayanan yang begitu cepat, fasilitas yang memadai, hingga para peneliti ramah yang banyak membantu mereka sehingga mereka merasa nyaman dan semangat dalam menjalani kegiatan PKL ini, meski jauh dari ruah dan keluarga. Tak hanya itu, mereka pun merekomendasikan bagi siapapun yang akan melakukan PKL agar bisa melaksanakannya di Balittri.

 

Artikel terkait