-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
Lapor.go.id
Kalender Tanam
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG
SKM
Ejurnal
Saber Pungli
PPID
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 40 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1144845
Sosialisasi Tindak Lanjut Reformasi Birokrasi PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Administrator   
Selasa, 21 Mei 2013 09:08

Suatu organisasi yang baik perlu didukung oleh Sumber Daya Manusia ideal. Konsep PNS yang ideal adalah menciptakan kerja birokrasi berbasis kompetensi atau kinerja. PNS harus memiliki pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam melaksanakan tugas jabatannya.Peningkatan kualitas SDM dilakukan melalui pelatihan, pendidikan, dan pemantauan kinerja melalui penerapan etos budaya kerja. Adanya reformasi birokrasi di kemeterian pertanian menuntut adanya melakukan perubahan danperubahan mendasar pada sistem penyelenggaraan pemerintah pada aspek : kelembagaan, ketatalaksanaan, dan Sumber Daya Manusia.

Gambar : Ir. Anik Suryani, MP (kiri) dan Dr. Ir. Rubiyo, M.Si serta suasana sosialisasi


Reformasi Birokrasi yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian yang diajukan kepada Pemerintah telah membuahkan hasil Tunjangan Kinerja kepada Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian. Dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang reformasi birokrasi dan upaya percepatannya di Kementerian Pertanian serta kepatuhan terhadap aturan disiplin pegawai, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan berkerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar mensosialisikan mengenai Tindak Lanjut Reformasi. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2013 di Aula lantai 2 Kantor Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar.


Dalam sosialisasi ini, Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbang Perkebunan, Ir. Anik Suryani, MP, menjelaskan bahwa reformasi birokrasi tidak sama dengan tunjangan kinerja. Reformasi birokrasi diharapkan akan menjadi pendorong perubahan untuk membawa Kementerian/Lembaga bergeser atau bergerak dari kondisi saat ini menuju ke kondisi yang diharapkan. tunjangan kinerja adalah tunjangan yang diberikan kepada pegawai negeri yang merupakan fungsi dari keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi dan didasarkan pada capaian kinerja pegawai negeri tersebut yang sejalan dengan capaian kinerja organisasi dimana pegawai negeri tersebut bekerja. Tunjangan kinerja dapat meningkat atau menurun sejalan dengan peningkatan atau penurunan kinerja yang diukur berdasarkan indikator kinerja utama instansi. Selain itu dipaparkan tentang Permentan Nomor 65 Tahun 2012 Tentang Pedoman Nilai-Nilai dan Makna Bekerja bagi Pegawai Kementerian Pertanian.