Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam
satu-layanan
TV-TANI
WBS
Saber Pungli
WBK
Ejurnal
perpus_digital
SKM
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 78 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 741838
Panen Kopi Arabika di KP Gunung Putri Siap Mendukung Riset Peneliti PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh [TJ]   
Selasa, 24 Mei 2016 21:12

Kopi Arabika di KP Gunung Putri sudah saatnya panen. Buah kopi yang dipanen dipastikan sudah matang fisiologis, ditandai dengan warna kulit buah merah seragam dan buah kopi terasa kenyal apabila ditekan. Proses panen tersebut diawasi secara ketat oleh Kepala Kebun Percobaan Gunung Putri, Herman. Buah kopi hasil panen langsung dikupas kulit buahnya dengan menggunakan mesin pulper sederhana bertenaga manusia. Meskipun demikian alat tersebut terbukti mampu memisahkan biji dari kulit buah dengan baik dan bersih.

Biji kopi yang telah dipisahkan dari kulit buah langsung difermentasi basah kemudian dicuci dan dikeringkan. Setiap proses yang dikerjakan selalu dipastikan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan agar dapat menghasilkan kopi dengan citarasa terbaik.

Setelah semua rangkaian proses panen selesai maka biji kopi siap untuk dimanfaatkan sebagai bahan penelitian, seperti pasca panen dan perbenihan, atau sebagai bahan pembuatan produk olahan kopi. Para peneliti Balittri sangat bersemangat memanfaatkan hasil panen kopi di KP Gunung Putri tersebut untuk berbagai kegiatan penelitian. (TJ)

 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });