-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 12 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899935
Rapat Anggota Tahunan KPRI RATI Tahun 2015 PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Jajat Sudrajat   
Sabtu, 28 Mei 2016 23:09

Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan forum tertinggi pengambil keputusan dalam struktur organisasi koperasi.  Dalam rangka memenuhi salah satu kewajibannya, pengurus koperasi (KPRI RATI) telah melaksanakan RAT, yaitu berupa penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus koperasi kepada anggota, khususnya untuk pelaksanaan kegiatan pengelolaan koperasi (KPRI RATI) tahun 2015. Pelaksanaan RAT 2015 dilaksanakan pada hari Jum’at, 20 Mei 2016 bertempat di aula Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Sukabumi. Rangkaian acara RAT dibuka oleh sambutan plh. Ka Balittri, Bapak Cecep Firman, SP. Beliau memberikan apresiasi terhadap pengurus serta anggota karena koperasi RATI sudah mulai berkembang dengan baik, namun demikian tetap diperlukan variasi usaha dan keaktifan anggota agar koperasi lebih maju. Pengembangan usaha koperasi dapat dilakukan di sekitar kantor Balittri, tidak hanya untuk anggota tetapi juga disesuaikan kebutuhan masyarakat luas.

Dilanjutkan dari Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Sukabumi yang diwakili oleh Bapak Syukri Haddade. Dalam sambutannya menjelaskan pemerintah sangat mendukung kegiatan koperasi yang notabene berbasis ekonomi kerakyatan. Saat ini koperasi di Kabupaten Sukabumi sedang naik daun (berkembang pesat), banyak usaha yang telah dan sedang berkembang. Ditegaskan kembali bahwa semua kegiatan yg terkait ekonomi kerakyatan harus berbadan hukum koperasi. Diskoperindag Kabupaten Sukabumi telah banyak melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait dengan (1) kelembagaan koperasi, yaitu pendirian koperasi maupun pengesahan badan hukum oleh pusat (kementerian), (2) permodalan koperasi berasal dari anggota, dikelola oleh pengurus, dan keuntungan untuk anggota, (3) usaha koperasi diupayakan lebih beragam, tidak hanya simpan pinjam karena koperasi adalah pelaksana sektor riil.

Acara inti yang dipimpim oleh Ir. Handi Supriadi berupa (1) penyampaian laporan pertanggungjawaban pengelolaan koperasi, (2) rencana kerja tahun 2016, dan (3) penyampaian laporan pelaksanaan pengawasan KPRI RATI berjalan lancar. Memasuki tahun ke-4 kepengurusan periode 2012 s.d 2016, ketua KPRI RATI Ir. Saefudin melaporkan pengelolaan kegiatan koperasi dengan jenis usaha: simpan pinjam, waserda dan perdagangan umum, serta pertanian telah dilaksanakan dengan baik. Jumlah keanggotaan koperasi 137 orang, meningkat dari tahun sebelumnya. Perkembangan koperasi tahun 2015 dapat dirasakan bersama pengurus maupun anggota, yaitu peningkatan modal sebesar 20,93% dan sisa hasil usaha (SHU) 24,18%. Beberapa kendala yang dihadapi dalam pengelolaan koperasi antara lain (1) masih rendahnya partisipasi anggota untuk aktif dalam kegiatan usaha koperasi, (2) tingkat pengetahuan dan manajerial skill pengurus dalam hal pengelolaan koperasi, (3) minimnya sarana dan prasarana.

Adapun hasil yang diperoleh dan diputuskan pada RAT 2015, yaitu (1) diterimanya laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas, (2) disetujuinya rencana kerja tahun 2016, (3) penambahan simpanan wajib anggota yang akan dilaksanakan mulai bulan Juli 2016, (4) membentuk tim formatur yang mempunyai tugas menyusun kriteria calon ketua, menentukan waktu pelaksanaan pemilihan, dan melaksanakan serta melaporkan pelaksanaan hasil pemilihan ketua periode 2017 s.d 2021.

Untuk menyemarakkan sekaligus memberikan semangat kepada para peserta dalam mengukuti acara RAT, pengurus telah mempersiapkan hadiah yang berlimpah dan dibagikan kepada peserta yang terpilih dan beruntung disela-sela acara tersebut. (Jajat)